Siapa Pantas Penyandang Gelar Smartphone for Creators di UCA 2023?

06 December 2023 - by

Uzone.id - Dari sekian banyak penghargaan untuk smartphone yang bakal diumumkan pada Uzone Choice Award (UCA) 2023, ada nominasi ‘Smartphone for Creators’. Nominasi ini dipersembahkan untuk smartphone dengan kamera dan fitur paling ideal buat ngonten.

Advertising
Advertising

Sekarang, ngonten gak perlu ribet-ribet bawa kamera DSLR atau mirrorless, terus mindahin kontennya ke laptop untuk diedit, kemudian baru diunggah ke media sosial seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan sebagainya.

Semuanya bisa dilakukan dalam genggaman, baik dari pre maupun post-production. Makanya, dibutuhkan smartphone yang ideal, baik dari spesifikasi, fitur, maupun konfigurasi kameranya.

Di nominasi Smartphone for Creators, ada empat ponsel yang bakal berebut untuk merengkuh gelar yang terbaik, yakni Xiaomi 13T, Oppo Find N3 Flip, Samsung Galaxy Z Flip5, dan Tecno Camon 20 Premier.

Xiaomi 13T memiliki peningkatan spesifikasi yang signifikan dari sebelumnya, baik dari segi dapur pacu dan konfigurasi kamera yang dibawanya. Ponsel ini ditenagai prosesor Dimensity 8200-Ultra, di-tweak khusus oleh MediaTek dan Xiaomi untuk menunjang kemampuan kamera Xiaomi 13T.

 

Baca Juga :

Review Xiaomi 13T: Kasih Experience Kamera Leica yang Nyaris Otentik
 

 

Bicara soal kameranya, Xiaomi 13T menjadi ponsel pertama dari Xiaomi yang resmi di Indonesia dengan kamera racikan Leica. Ponsel ini memiliki kamera 50 MP dengan optical image stabilization (OIS), kemudian kamera telephoto 50 MP, dan kamera ultrawide 12 MP.

Seluruh kamera belakang ini dibantu oleh sokongan Leica, dari level software dan hardware. Xiaomi 13T mengadopsi teknologi Leica Summicron Lens dengan susunan lensa 7P Aspherical khas kamera Leica.

Di sisi software, ada dua mode warna, yakni Leica Authentic dan Leica Vibrant. Keduanya bisa diterapkan dalam berbagai mode pengambilan gambar. Ngonten di mana saja bakal worry free, karena ponsel ini punya rating IP68 tahan air dan debu.

Kemudian, Oppo Find N3 Flip, salah satu smartphone flagship yang dipasarkan di Indonesia tahun ini. Smartphone ini menjadi clamshell pertama di Indonesia dengan tiga kamera dari Hasselblad. 

Oppo Find N3 Flip punya kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX890 yang didukung OIS. Kamera tersebut disandingkan dengan kamera ultrawide 48 MP yang punya cakupan gambar 114 derajat, kemudian kamera telephoto 32 MP dengan sensor Sony IMX709.

 

Baca Juga :

Review Oppo Find N3 Flip: Banyak Upgrade-nya, Samsung Mesti Waspada
 

 

Nah buat kamera selfienya, ada kamera 32 MP dengan sensor identik dengan kamera telephoto. Kelebihan ponsel clamshell bisa dimanfaatkan oleh para kreator konten, seperti selfie dengan kamera belakang sampai merekam video tanpa bantuan tripod.

Buat editing, Oppo Find N3 Flip ditunjang oleh MediaTek Dimensity 9200 yang punya performa kencang. Bikin video via aplikasi Capcut atau editing lainnya, kemudian rendering, semestinya lancar jaya dengan ponsel ini.

Next, ada Samsung Galaxy Z Flip5. Ponsel ini juga cocok buat para kreator konten karena didukung dapur pacu dan spek kamera yang mumpuni.

 

Baca Juga :

Menjepret Malam Kota Seoul dan Sekitarnya Pakai Samsung Galaxy Z Flip5
 

 

Samsung Galaxy Z Flip5 membawa sepasang kamera 12 MP dengan lensa wide dan ultrawide di belakang, dimana kamera utamanya sudah mendukung OIS. Sementara di depan, masih 10 MP dan fixed focus.

Mode pengambilan gambarnya kurang lebih sama dengan Oppo Find N3 Flip. Sedangkan untuk dapur pacunya, Samsung Galaxy Z Flip5 ditopang Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, salah satu system on chip (SoC) ngebut di tahun ini.

Ponsel terakhir yang masuk nominasi Smartphone for Creators adalah Tecno Camon 20 Premier. Seri ini menjadi salah satu ponsel termahal yang dijual Tecno di Indonesia.

Tecno Camon 20 Premier memiliki tiga kamera belakang, terdiri dari sensor 50 MP dengan bukaan lensa f/1.8 yang sensitif terhadap cahaya. Kamera ini sudah dilengkapi sensor-shift OIS dengan tiga sumbu stabilisasi, lengkap juga dengan laser autofocus.

 

Baca Juga :

Review Tecno Camon 20 Premier: Kamera Bagus, Tapi OIS Berasa Gimmick
 

 

Kemudian kamera ultrawide dengan sensor 108 MP ISOCELL HM6 yang sudah mendukung autofocus. Kamera lainnya memang agak gimmick, lantaran cuma lensa depth bersensor 2 MP saja. 

Buat menunjang kegiatan para kreator, Tecno Camon 20 Premier disematkan prosesor Dimensity 8050, prosesor stabil dan powerful dari MediaTek.

So, kira-kira ponsel apa yang bakal memenangkan gelar ‘Smartphone for Creators’ di Uzone Choice Award 2023?