Siasat Google Bikin Penipu Panik: Centang Biru buat Akun Resmi Gmail

05 May 2023 - by

Uzone.id — Ketika Twitter memutuskan untuk menghilangkan centang biru gratis dari akun-akun ternama, Google justru menambahkan label ini ke Gmail mereka.

Sama seperti konsep centang biru pada awalnya, nantinya centang biru di Gmail juga digunakan sebagai label kalau akun atau alamat pengirim merupakan alamat resmi dan asli.

Advertising
Advertising

Baca Juga :

‘Godfather’-nya AI Hengkang dari Google, Nyesel Bikin AI?
 

Melansir dari Laptop Mag, Jumat, (05/05), centang biru ini akan diberikan pada email resmi untuk menunjukkan keaslian mereka. Label ini akan membedakan akun palsu dan asli, sehingga pengguna tidak mudah terjebak email phishing.

Sebenarnya, label centang biru ini sudah diuji coba semenjak 2021 bersama Brand Indicators for Message Identification (BIMI). Saat itu, Google meminta akun-akun bisnis untuk mengunggah foto atau lambang merek mereka yang kemudian akan digunakan sebagai tanda akun resmi.

“Berangkat dari fitur tersebut, pengguna sekarang akan melihat ikon centang biru untuk pengirim yang telah mengadopsi BIMI. Ini akan membantu pengguna mengidentifikasi pesan dari pengirim yang sah,” tulis Google dalam blognya.

Baca Juga :

Cara Paling Aman Kirim Pesan Rahasia di Gmail
 

Jika biasanya pengguna mudah terkecoh oleh akun phising yang meniru nama dan domain perusahaan resmi, fitur terbaru ini akan sangat membantu mereka untuk membedakan akun-akun asli dan palsu.

Fitur ini dirilis secara bertahap pada 3 Mei 2023 dan akan terus meluas ke semua pengguna Google Workspace. Tak hanya untuk perusahaan atau brand saja, fitur ini juga bisa digunakan akun-akun personal Google.