‘Siksa’ All New Toyota Yaris Cross ke Pegunungan Bromo, Kuat Nanjak?
Uzone.id- Setelah mengadakan Media Test Drive di BSD, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengajak awak media untuk menyoba All New Yaris Cross untuk mencicipi performanya dalam jarak yang jauh. Menariknya dalam perjalanan kali ini rute yang ditempuh melewati Pegunungan menuju Bromo.
Perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur. Dari bandara, All New Yaris Cross langsung disiksa sejauh 55 kilometer menuju Gunung Bromo.
Mobil diisi oleh empat awak media dan melewati beragam kontur jalanan, dari mulai jalan tol, pegunungan, menanjak, hingga kemacetan.
Performa mendukung segala kebutuhan
Di jalan tol, All New Toyota Yaris Cross diuji kecepatan dan pengendaliannya. Secara performa di jalan tol, tenaga dari mobil crossover ini terasa cukup responsif dan dapat diandalkan ketika hendak menyalip.
Sayangnya dari segi pengendalian, All New Toyota Yaris Cross dirasa memiliki setir yang terlalu ringan sehingga cukup sulit untuk mengetahui pergerakan yang presisi. Sementara itu untuk suspensinya memang terasa cukup empuk, hanya saja jika saat bermanuver belok terdapat bodyroll yang cukup mengganggu.
Karena melewati jalan tol Surabaya - Probolinggo yang sepi dari kendaraan lain, kami pun sempat mencoba kecepatan tertinggi dari All New Toyota Yaris Cross. Hasilnya mobil baru dari pabrikan Jepang itu mampu mencapai kecepatan 165 km/jam, setelahnya mesin seperti membatasi tenaga yang dikeluarkan mesin.
Mulai memasuki tanjakan menuju Gunung Bromo, performa All New Toyota Yaris Cross kembali diuji. Jalanan berkelok, berlubang, dan tanjakan tidak menghalangi performa dari Yaris Cross.
Tanjakan dengan tingkat kemiringan yang cukup curam pun bisa diatasi, meskipun harus merasakan raungan mesin di putaran tinggi. Berhenti di tengah tanjakan juga masih dapat diatasi dengan mudah, berkat bantuan dari sistem hybrid dari All New Toyota Yaris Cross.
Sayangnya ternyata rombongan media drive kali ini tidak sempat merasakan All New Toyota Yaris Cross di hamparan pasir Gunung Bromo. Rombongan mengganti mobil memakai Toyota Land Cruiser FJ40 untuk sampai ke Gunung Bromo.
Setelahnya, perjalanan dari Gunung Bromo dilanjutkan oleh All New Yaris Cross menuju Kota Batu. Perjalanan ini melewati jalan tol dan jalan antar provinsi menuju ke Kota Batu yang diisi beberapa kemacetan, sehingga sistem hybrid mobil pun turut diuji.
Karena dilengkapi sistem hybrid, All New Toyota Yaris Cross pun memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit meskipun menghadapi kemacetan, jalan menanjak, dan putaran mesin yang selalu tinggi. Tercatat di MID, konsumsi bahan bakarnya mampu mencapai 14,6 km/liter dengan jarak tempuh sejauh 153,1 kilometer.
Fitur beneran fungsi?
Fitur yang melimpah di All New Toyota Yaris Cross pun sempat kami coba satu per satu selama perjalanan dari Surabaya - Bromo - Kota Batu. Dimulai dari memuat bagasi mobil dengan barang bawaan menggunakan fitur kick sensor yang memudahkan awak media.
Adaptive Cruise Control juga dirasa sangat berguna saat perjalanan jauh, terutama di jalan tol. Ditambah dengan adanya Panoramic Glass Roof menambah kenyamanan di dalam kabin saat siang hari.
Sayangnya Lane Keeping Control terasa cukup mengganggu karena mobil cenderung terlalu ke kiri dari lintasan jalan tol yang memiliki marka sangat jelas.
Sisanya semua fitur terasa berfungsi cukup baik, sehingga memudahkan dan memberi kenyamanan untuk pengemudi maupun penumpang di dalamnya.