SooltanCam, Solusi Pintar untuk Pantau Toko dan Tempat Usaha

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Penerapan teknologismart hometak hanya spesifik untuk individual saja, tapi juga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Apalagi, dengan besarnya jumlah UMKM di Indonesia yang mencapai lebih dari 65 juta usaha, maka tercipta juga peluang yang sangat luas untuk memenuhi kebutuhan para pelaku usaha mikro, terutama dalam sisi keamanan.

Telkom Indonesia pun menghadirkan solusi berbasissmart homeuntuk para pelaku UMKM, yakniSooltanCam. Harwisnu Pamungkas, Tribe Leader of Consumer Digitalization PT Telekomunikasi Indonesia, mengatakanSooltanCammerupakan layanan pengawasan tempat usaha menggunakan IP Camera yang didukung oleh sistemcloud recordingyang aman.

SooltanCammerupakan bagian dari mySooltan, produk Telkom Indonesia untuk segmen UMKM. Filosofinya, kalau jadi pengusaha itu ya jadi sultan, karenasultan mah bebas,” katanya, kepada timUzone.id.

SooltanCamsangat mudah dipakai, bisa melihat langsung kondisi ruang usahanya, siapa yang datang, dan sebagainya,” terang Harwisnu yang akrab disapa Wisnu.

Harwisnu Pamungkas, Tribe Leader of Consumer Digitalization PT Telekomunikasi Indonesia.

Beberapa keunggulan ditawarkan layananSooltanCamuntuk para pelaku usaha mikro, seperti harga perangkat dan biaya berlangganan yang terjangkau, kemudahan instalasi, hingga bantuan teknisi yang andal dan siap sedia. 

Baca juga:3 Faktor Naiknya Adaptasi Smart Home di Indonesia

Pelanggan hanya perlu melakukanloginke situs resmi MySooltan atau mengunduh aplikasinya di Play Store maupun App Store, kemudian masuk ke layananSooltanCamuntuk mulai berlangganan. Di tahap awal, mereka disuguhi pilihanbrandkamera CCTV pintar, baik itu untukindoordanoutdoor.

Ada sejumlah merek kenamaan yang sudah digandeng, seperti Bardi, Avaro, T3 dan Arbit. Harganya bervariasi, tapi Wisnu menjamin, harga yang ditawarkan sangat sepadan dengan layanan yang diberikan untuk para pelaku UMKM.

“Satu hal yang kita kedepankan adalah dari sisi perangkat yang disatukan penjualannya di depan. Harganyabetterdan tidak mahal,” ujar Wisnu.

Setelah menentukanbrand-nya dan jumlah unit yang akan beli, pelanggan bisa menentukan durasi berlangganan untuk penyimpanan berbasiscloudguna mengamankan hasil rekaman video didatabasemilik Telkom Indonesia.

Ada tiga tipe berlangganan yang tersedia, yakni penyimpanan untuk 7 hari ke belakang, 14 hari dan 30 hari, tanpa adanya batasan kapasitas penyimpanan. Adapun untuk durasi berlangganan, bisa per bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga per 12 bulan.

“Untuk layananSooltanCam, ada tambahan kemampuancloud recordingyang bisa 7 hari ke belakang dengan pembayaran bulanan, ada 14 hari dan 30 hari juga,” jelasnya.

Baca juga:Gara-gara Pandemi, Smart Home Makin Diburu Masyarakat

“Penyimpanan tersortir dengan aman didatabaseyang terletak di Indonesia. Ini lebihsecuredancomplydengan aturan PDP yang berlaku. Tentu dari sisi pelaku usaha bakal lebih nyaman dan aman,” lanjut Wisnu.

Proses pemasangan,pairinghinggamaintenancedapat dibantu oleh teknisi andal yang sudah dipersiapkan SooltanCam. Kalaupun memungkinkan, pelaku usaha bisa melakukan pemasangan sendiri.

Siapkan teknologi berbasis AI

Wisnu menjelaskan, untuk saat iniSooltanCammemang baru menyediakan solusi pemantauan keamanan saja melalui kamera CCTV pintar yang didukung olehcloud recordingyang aman. 

Namun ke depan, akan ada banyak fitur berbasis AI (artificial intelligence) yang dipersembahkan untuk memajukan bisnis UMKM dan menambah produktivitasnya.

SooltanCammendapatkanfeedbackpositif dari rekan-rekan UMKM ketika kami melakukan tespiloting. Kita mendapati bahwa mereka merasa mudah menggunakan layanan ini. Ke depannya ada banyak kemampuan baru yang sedang kita persiapkan,” janjinya.

Beberapa fitur seperti kemampuan mendeteksi wajah ataufacial recognition,object recognitionberupa pengenalan kendaraan yang diparkir di tempat usaha,visitor counting, dan sebagainya. 

Ingin ciptakan sistem pendukung UMKM

Baca juga:Tarif Internet di Indonesia Kelewat Murah?

SooltanCambukan jadi satu-satunya produk Telkom Indonesia untuk memajukan UMKM di Indonesia. Ada berbagai layanan lain yang dihadirkan melaluiplatformMySooltan, seperti layanan internet SooltanNet, telepon rumah, hingga Sooltan Pay.

MySooltan bahkan menyediakan program bantuan berupa tambahan modal bagi pelaku usaha mikro. Juga, tersedia beragameventdan kursus khusus untuk UMKM yang bisa diakses dengan mudah. 

“Telkom ingin menciptakan sistem pendukung UMKM, mulai dari akses internet, sistem keamanan, pembayaran, pembelajaran, perlu tambahan modal juga ada. Semuanya terintegrasi dalam MySooltan,” pungkas Wisnu.