Spek Sangar Asus ROG Phone 7 di Indonesia, Harganya Mulai Rp10 Jutaan

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id- Asus resmi memboyong dua smartphone gaming terbaru mereka ke Indonesia, ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate. Keduanya membawa spesifikasi powerful, membebaskan para gamer untuk bermain game Android apapun di perangkatnya.

Suksesor Asus ROG Phone 6 ini ditenagai prosesor terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2. Chipset yang digunakannya memang ‘tak spesial’ seperti Samsung Galaxy S23 Series, tapi kemampuannya dimaksimalkan oleh aplikasi khusus bernama Armoury Crate.

Untuk diketahui, Snapdragon 8 Gen 2 mengusung tiga kluster. Satu prime-core Cortez X3 dengan kecepatan 3,2 GHz, kemudian 2 performance-core Cortex A710 dengan kecepatan 2,8 GHz dan Cortex A710, serta 3 efficiency-core Cortex A510 dengan kecepatan 2 GHz. 

 

 

Dengan CPU yang baru, Asus ROG Phone 7 menawarkan performa gaming 15 persen lebih cepat dibanding seri sebelumnya. Kendati lebih cepat, efisiensi dayanya 15 persen lebih baik dari sebelumnya.

Terlebih, ponsel ini sudah ditopang baterai 6.000 mAh dengan fitur pengisian daya cepat 65W. Ngomong-ngomong, adaptor charger dan kabel USB-C pun disertai dalam paket pembelian.

Disematkan pula RAM dan memori penyimpanan cepat di dalamnya. RAM LPDDR5X hingga 16 GB dan ruang penyimpanan sampai 512 GB berjenis UFS 4.0 yang lebih cepat dari UFS 3.0.

Berkat teknologi Snapdragon Elite Gaming, smartphone gaming mendukung ray tracing, sehingga saat main game yang didukung, gamer dapat menikmati pantulan hiper-realistis terutama pada permukaan air dan logam yang menambahkan dimensi baru pada pengalaman bermain game.

Untuk memaksimalkan performanya, Armoury Crate pun ditingkatkan kemampuannya. Fitur ini gak cuma bikin performa makin maksimal saat main game berat, tapi ada ragam 'cheat legal' yang disediakan.

Beberapa di antaranya preset untuk mengatur AirTrigger di game tertentu, menyesuaikan sensitivitas layar dan AirTrigger, pointer bantuan saat bermain game FPS, Background Mode, dan sebagainya.

Kemudian, Asus juga menyertakan sistem pendingin GameCool 7 dengan area pendinginan yang jauh lebih besar dan baik dari sebelumnya. Sistem ini berupa lembaran Boron Nitride (BN) dan grafit ganda berukuran 16.000 mm² yang memberikan peningkatan efisiensi termal sebesar 10 persen.

 

 

Sistem pendingin tersebut dipadukan dengan Asus X Mode dan aksesoris AeroActive Cooler 7 untuk pendinginan yang makin maksimal. Khusus di Asus ROG Phone 7 Ultimate, Asus menyertakan AeroActive Portal berupa saluran udara yang aktif otomatis saat AeroActive Cooler dipasang.

Spesifikasi lainnya

Asus ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate sama-sama mengusung panel AMOLED buatan Samsung Display. Ukurannya 6,78 inci dengan refresh rate 165Hz yang tertinggi untuk sekarang ini.

Namun resolusinya masih 1080p alias Full HD+. Beruntung, Asus kasih banyak fitur untuk memaksimalkan visualisasi para gamer hardcore, seperti intensitas cahaya maksimal 1.500 nits, touch sampling rate sampai 720Hz, dan lapisan kaca Gorilla Glass Victus.

Tiga kamera di belakang masih mengusung konfigurasi 50+13+5. Kamera utamanya menggunakan sensor 50 MP Sony IMX766, kemudian ada ultrawide 13 MP dan makro 5 MP.

Kamera selfie jadi upgrade hardware paling signifikan, naik dari 12 MP ke 32 MP. Kamera selfie ini mengadopsi sistem pixel-binning yang menghasilkan foto dengan resolusi standar 8 MP.

Harga dan ketersediaan 

Asus ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate bisa dibeli melalui penjualan perdana pada 18 sampai 23 Juli 2023 mendatang di Gandaria City Mall. 

 

 

Soal harga, Asus ROG Phone 7 dijual dengan harga mulai Rp10.999.000 untuk varian RAM 8 GB dan memori 256 GB dan Rp13.999.000 untuk versi RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB.

Sedangkan Asus ROG Phone 7 Ultimate dibanderol di harga Rp18.999.000 dengan RAM 16 GB dan memori 512 GB. Khusus untuk varian tertinggi, mendapatkan aksesoris Aero Active Cooler 7.