Suzuki Recall Avenis 125: Diabaikan Bisa Mogok Bahkan Korslet!

pada 18 hari lalu - by

Uzone.id- Suzuki Avenis 125 mendapatkan recall karena adanya potensi degradasi kualitas pada pelindung kabel high tension di rangkaian ignition coil. Konsumen pun diminta untuk mengecek ke bengkel resmi Suzuki pada unit Avenis 125 yang dimiliki untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Lantas bagaimana jika konsumen tidak melakukan perbaikan pada komponen yang rusak di Avenis 125?

PihakSuzukimenjelaskan, jika konsumen tidak melakukan perbaikan ke bengkel resmi terkait degradasi kualitas di pelindung kabel high tension di rangkaian ignition coil, maka akan terdapat kerugian di sisi konsumen.

Dijelaskan kerugian yang diakibatkan oleh malfungsi tersebut sangat jarang terjadi. Namun komponen yang mengalami degradasi tersebut berperan dalam sistem pengapian.

Jika kondisi Ignition Coil Assy kurang sempurna, dikhawatirkan muncul potensi yang dapat mengganggu fungsi kelistrikan.

SuzukiAvenis 125yang terdampakrecalldi Indonesia merupakan yang masuk pada rentang produksi 30 April hingga 3 Desember 2022, sebanyak 108 unit. Pemeriksaan akan dilakukan oleh PT SIS serta penggantian komponen Ignition Coil Assy jika diperlukan.

Agar pemilik Suzuki Avenis 125 bisa memastikan motor kesayangannya masuk dalam program recall ini, bisa melakukan pengecekan di halaman resmi Suzuki. Kemudian masukkan nomor rangka kendaraan untuk memastikan motor pemilik terdampak atau tidak.

 

 

Selain itu, pengguna Suzuki Avenis 125 juga dapat datang ke bengkel resmi Suzuki terdekat di seluruh Indonesia.

Pemeriksaan hingga penggantian komponen dapat ditangani langsung oleh tenaga ahli yang berada di jaringan bengkel resmi Suzuki. Lamanya pengerjaan disebutkan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk pemeriksaan dan penggantian dilakukan maksimal dalam 1 jam saja.

Konsumen pun tidak dikenakan biaya apapun atas penggantian Ignition Coil Assy tersebut, sebagai bentuk tanggung jawab PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terhadap produknya.

 

 

"Meski saat ini tidak ditemukan keluhan dari pengguna Avenis 125, namun kami sangat menganjurkan para pemilik yang unitnya terindikasi untuk segera melakukan pemeriksaan komponen terlebih dahulu. Apabila teknisi kami mendapati adanya kondisi kurang baik, maka pelanggan akan mendapatkan penggantian Ignition Coil Assy secara cuma-cuma. Harapannya, sepeda motor matic tersebut tetap menyenangkan dan minim rasa khawatir saat digunakan," ujar Hariadi selaku Asst to Department Head of Service PT SIS.

Program recall Suzuki Avenis 125 ini pun dilakukan sejak tanggal 15 Agustus 2024 di smeua jaringan bengkel resmi mereka. Sementara batas waktu recall tidak ditetapkan, alias hingga semua 108 unit Avenis 125 sudah diperbaiki semua.