Suzuki Siap Luncurkan Motor Listrik Pertamanya di 2024

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id-Pergantian tahun hanya tinggal menghitung hari dan tahun 2024 sepertinya bakal jadi memontum yang tepat bagiSuzukiuntuk menghadirkan motor listrik perdananya.

Akira Kyuji, General Manager for Motorcycle SalesSuzuki, mengatakan, saat ini investasi perusahaan kabarnya akan diarahkan pada bahan bakar alternatif dan berkelanjutan.

 

 

“Kecuali ada sesuatu yang mengubah situasi secara drastis di masa depan. Rencana pengembangan sesuai dengan rencana kami,” ujar Kyuji, dikutipUzone.iddariMCN.

LangkahSuzukimemperkenalkan motor listrik ini sejalan denganroad mappabrikan Jepang tersebut yang sebelummya pernah menyatakan kalau perusahaan siap meluncurkan motor listrik, hingga delapan model EV pada 2030.

Suzukijuga mengungkapkan bahwa mereka akan menginvestasikan Rp242 triliun dalam penelitian dan pengembangan kendaraan listrik. Kemudian di seluruh bidang operasi mereka, dapat tambahan Rp60 triliun di antaranya akan digunakan untuk investasi terkait baterai.

Pengembangan motor listrikSuzukipun akan fokus pada motor-motor disegmen yang setara dengan motor bermesin 125cc, yang ditujukan untuk penggunaan harian di perkotaan.

“Utamanya mereka adalah motor kapasitas kecil, seperti motor 125 cc atau yang setara, karena kapasitas yang sangat terbatas untuk baterai. Jadi itu berarti kami akan memulainya dengan konsumen komuter,” tutup Kyuji.

Sebelumnya,Suzukisudah memamerkan Suzuki e-Burgman yang mengambil basis dari Suzuki Burgman 125. Skutik ini sudah mengusung sistem plug-in dengan motor listrik yang ditempatkan di tengah.

 

 

Selain itu, e-Burgman juga menggunakan sistem penggerak rantai, yang kemudian diteruskan ke roda belakang. Motor ini tidak menggunakan van belt seperti skutik pada umumnya.

Suzukie-Burgman versi produksi disebut-sebut menggunakan paket baterai yang dapat ditukar aliasswapable. Baterai tersebut punya jangkauan hingga 44 km saat dikendarai dengan kecepatan stabil 60 km/jam di jalanan datar.