Tak Mau Diusir Eropa, Apple Segera Lakukan Update di iPhone 12

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id– Apple saat ini sedang menghadapi tuduhan serius dari pihak Eropa terkait salah satu produk mereka, iPhone 12. 

Perancis menjadi negara pertama yang mengumumkan adanya potensi resiko kesehatan akibat radiasi tinggi dari iPhone 12. Kemudian, Belgia menjadi negara selanjutnya yang menyorot hal tersebut.

Selain negara-negara ini, Italia, Belanda dan Jerman juga sudah mulai menuntut penjelasan Apple terkait adanya isu tersebut. 

 

 

Apple sebenarnya sudah membantah soal tuduhan ini. Namun, negara-negara tersebut mengancam jika Apple tidak melakukan pembaruan maka iPhone 12 terancam tidak bisa dipasarkan di pasar Eropa lagi.

Hingga akhirnya, Apple pun memutuskan untuk melakukanupdate softwareuntuk mematuhi keinginan dari lembaga ANFR.

“Kami akan mengeluarkan pembaruan perangkat lunak bagi pengguna di Perancis untuk mengakomodasi protokol yang diterapkan oleh regulator Perancis. Kami berharap iPhone 12 terus tersedia di Prancis,” kata juru bicara Apple, dikutip dari Reuters, Sabtu, (16/09)

Lebih lanjut lagi, pihak Apple menyebut kalau pembaruan ini berkaitan dengan pengujian khusus yang diterapkan oleh regulator Prancis.

 

 

Proses pengujian radiasi ini sebenarnya sering dilakukan ketika produsen ponsel merilis ponsel baru untuk melihat seberapa besar tingkapSpecific Absorption Rate (SAR)dari ponsel tersebut.

Sebelumnya, Lembaga Pangan, Lingkungan, dan Kesehatan-Keamanan (ANES) menemukan bahwa iPhone 12 telah melampaui batas Specific Absorption Rate (SAR) yang telah ditentukan yaitu sebanyak 5.74 watt per kilogram. Padahal batas normal SAR yang yang seharusnya adalah  4.0 watt per kilogram.