Tecno Kenalkan Universal Tone, Atasi Bias Warna Kulit di Kamera Ponsel

pada 2 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Tecnoumumkan teknologiimagingyang inovatif, namanya Universal Tone. Teknologi ini dapat mengurangi bias warna kulit pada saat pengambilan gambar dengan kamerasmartphone, sehingga dapat menghasilkan foto dengan representasi warna kulit yang lebih akurat dan inklusif.

Menurut sebuah studi pada tahun 2018 dari MIT dan Universitas Stanford, terdapat bias terhadap warna atau jenis kulit pada beberapa sistemkecerdasan buatankomersial. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah melalui pengumpulan data ilmiah dan penelitian inovatif untuk menciptakan hasil foto yang inklusif bagi setiap individu.

Maka diciptakanlah Universal Tone. Teknologi ini menggunakan database unik berisi 268 sampel warna kulit yang dikembangkan bersama ahli ilmu warna dari universitas terkemuka di dunia. 

 

 

Database ini dapat mendeteksi, menganalisis, dan menghasilkan warna kulit secara akurat, sehingga setiap orang dapat terlihat dengan warna kulit yang asli dan semestinya. 

"Selama bertahun-tahun, Tecno telah memberi perhatian besar pada penelitian konsumen, sehingga kami memahami bahwa ketidakakuratan warna kulit adalah isu penting bagi pengguna kami, terutama di pasar yang berkembang,” jelas Jack Guo, General Manager Tecno, dalam keterangan resminya.

Tecno mengklaim, Universal Tone dapat menetapkan kode warna khusus untuk berbagai warna kulit melalui klasifikasi ilmiah, sehingga dapat mengatasi bias dalam pemulihan warna kulit di setiap pengambilan gambar.

Kehadiran Universal Tone dibarengi dengan kampanye #ToneProud untuk meningkatkan kesadaran tentang keragaman warna kulit dan membantu tiap individu untuk memahami serta bangga akan keragaman warna kulit di seluruh dunia.

 

 

Program ini didukung oleh beberapa artis kenamaan dengan beragam warna kulit, seperti penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia, Anggun C. Sasmi, sutradara film dan aktris asal Arab Saudi, Fatima Al-Banawi, penyanyi dan penulis lagu asal Nigeria, Johnny Drille, serta aktris asal Polandia, Ewa Kępys. 

Figur tersebut memang menjadi wajah dari kampanye #ToneProud yang digaungkan Tecno, tetapi maksud sebenarnya dari kampanye ini adalah mengajak masyarakat luas untuk menemukan kode warna kulit mereka melalui websitewww.268toneproud.comviasmartphone, kemudian menunjukkan kebanggaan akan warna kulitnya dengan berbagi foto di media sosial menggunakan tagar #ToneProud, #UniversalTone, dan #Tecno.

“Melalui kampanye #ToneProud, kami berdiri bersama konsumen, khususnya mereka yang kurang terwakili atau tidak terwakili dengan tepat, untuk memperjuangkan inklusivitas yang lebih besar. Pada saat yang sama, kami terus berinvestasi besar-besaran dalam R&D di bidang imaging untuk mengembangkan teknologi yang berdampak nyata pada masalah ini,” pungkas Jack.