Telkom Targetkan 100 Wilayah Indonesia Dapat Bantuan Akses Air Bersih

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- PT Telkom Indonesia (Persero) kembali melaksanakan program bantuan sarana air bersih untuk peningkatan sanitasi layak masyarakat Indonesia. Program kali ini disalurkan di 7 lingkup regional wilayah bisnis Telkom dari Sabang hingga Merauke.

Tak hanya untuk meningkatkan akses air bersih, program ini juga memiliki tujuan dengan jangka panjang, yaitu turut meningkatkan indeks kesehatan masyarakat serta mempercepat penurunan angka gizi buruk akibat kualitas air.

Dalam laporan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021, terdapat sekitar 19,71 persen rumah tangga yang belum memiliki akses air bersih dan sanitasi layak. Persentase ini tersebar di berbagai wilayah terutama di wilayah 3T (Terluar, Terdepan, Tertinggal).

Hingga saat ini, program bantuan telah tersalurkan ke 70 titik lokasi dengan kebermanfaatan yang telah dirasakan hingga 68.740 masyarakat. 

Program ini akan terus berjalan dengan target pembangunan mencapai 100 lokasi di seluruh Indonesia hingga kedepannya, diharapkan akses air bersih dan sanitasi yang baik dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Baca juga:Agree Telkom Siap Perkuat Digitalisasi Pertanian Sumatra Utara

Berdasarkan survey yang dilakukan ke setiap lokasi bantuan, diketahui bahwa masyarakat yang tinggal di daerah tersebut pada kesehariannya harus menempuh jarak ratusan hingga ribuan meter untuk mendapatkan air bersih langsung dari sumbernya. 

Infrastruktur akses air bersih tersebut berupa wadah penampungan permanen yang kemudian dihubungkan ke sumber mata air terdekat untuk selanjutnya disalurkan menggunakan jaringan pipa secara langsung ke rumah penduduk. 

Telkom juga berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait sanitasi yang baik dengan mengadakan sosialisasi sekaligus pelatihan mengenai higienitas bagi masyarakat penerima bantuan.

Program akses air bersih ini merupakan wujud komitmen dari Telkom untuk mendukung pembangunan berkelanjutan dalam negeri sesuai denganframework Sustainable Development Goals (SDGs)yang telah disepakati secara global. 

Dalam hal ini Telkom menjalankan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) salah satunya terkait dengan tujuan SDGs poin enam yaitu pemerataan akses air bersih dan sanitasi.

“Intervensi sosial dilakukan Telkom demi menciptakan perubahan terencana terhadap masyarakat, baik individu maupun komunitas ke arah yang lebih baik melalui program-program yang berkelanjutan,” ujar Senior General Manager CDC Telkom, Hery Susanto dalam pernyataan resmi yang diterimaUzone.id.

“Kami senantiasa mengukur dan mengevaluasi keberhasilan upaya-upaya untuk memastikan fungsi sosial yang dijalankan agar sesuai dengan harapan,” tambahnya.

Baca juga: Jelang G20 Summit di Bali, Telkom Pastikan Jaringan Aman

Telkom juga memperhatikan banyak hal sebelum pembangunan infrastruktur air bersih agar tidak ada kerusakan bagi lingkungan sekitar. Proses pemasangan dan distribusi perangkat air bersih juga dibuat dengan memanfaatkan sumber mata air terdekat di masing-masing lokasi.

Program ini telah berjalan dengan baik dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. 

Menurut salah satu Kepala Desa penerima bantuan, program ini tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, namun berdampak lebih luas untuk perairan sawah dan kebun yang hingga saat ini menjadi tumpuan ekonomi warga.