Telkom Tekankan Ekosistem Digital Talent Sebagai Keharusan

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Ilustrasi (Foto: Corinne Kutz / Unsplash)

Uzone.id-- Dalam acara Telkom CX Summit 2020 pada hari ini, Kamis (10/12), Komisaris PT Telkom Indonesia Ismail MT membeberkan sejumlah hal menarik mengenai pentingnya pengembangan ekosistemdigital talentyang belakangan memang sering digaungkan. Mengapa dianggap begitu penting?

Sesuai dengan tema Telkom CX Summit tahun ini, yaitu ‘Sustaining Business by Delivering CX Excellence in The New Normal Era’, Ismail mengatakan pandemi Covid-19 membuat banyak industri dan pelaku usaha terpaksa harussurvive, ada juga yang hibernasi, dan menjalani adaptasi.

“Terlepas adanya dampak negatif, pandemi tetap menelurkan peluang baru berupa perubahan dalam rangkasurvivetadi. Untuk menangkap peluang memang tidak serta merta dapat dilakukan, karena perubahan yang dilakukan harus cepat juga dilakukan,” ungkap Ismail.

Baca juga:Lulusan Non-IT Mau JadiDigital Talent,Masih Bisa 'kan?

Salah satu hal yang dibahas oleh Ismail adalah soal ekosistemdigital talent.

“Ekosistemdigital talentini penting dan sebuah keharusan. Perusahaan perlu mendapatkan talenta yang dapat mendukungsustainabilitybisnis, sebab perubahan dan transformasi digital sifatnyalong-term, bukan jangka pendek,” tuturnya.

Hal tersebut dapat semakin ditingkatkan melaluisenior management commitment, artinya di manatop level managementdapat mengubah pola pikir untuk berani investasi teknologi digital untuk terus bertahan, menurut Ismail.

Komisaris PT Telkom Indonesia Ismail MT saat berbicara di acara Telkom CX Summit 2020 secara virtual, Kamis (10/12).

Selain itu, Ismail juga merasa perlu adanya penerapan dan tinjauan bisnis proses baru agar tetap sejalan dengan perubahan teknologi yang ada.

Baca juga:Bos Telkom: Teknologi AI, VR dan Cloud Bisa TingkatkanCustomer Experience

“Perusahaan harus beranileapfrog, bisa dimulai dari eksplorasi digitalisasi seperti apa yang dilakukan startup selama ini, entah itu eksplorasi peluang atau perubahan perilaku. Kenapa bisa ada startup unicorn, ya karena mereka menyajikan solusi yang cepat, bisa membangun ekosistem baru, dan semua solusi bisa menyelesaikan masalah,” jelas Ismail.

Dari sini, menurutnyadigital talentbegitu krusial di era seperti sekarang sebagai investasi besar.

Digital talentini adalah investasi luar biasa, dampaknya sangat penting karena dapat turut membangunbehavioryang sangat dibutuhkan bagicustomer experience. Peran mereka juga dapat memastikan strategi perusahaan menjadi berkesinambungan. Merekrutdigital talentbukan sekadar menambah tenaga kerja, tapi kualitas mereka yang juga dibutuhkan,” tutup Ismail.

Sekadar diketahui, acara CX Summit 2020 yang diselenggarakan oleh Telkom ini bertujuan untuk memberikan informasi, ilmu, dan pemahaman baru tentang bagaimana cara mencapai transformasi layanancustomer experience(CX) di masa depan.

Khusus di tahun 2020 ini, CX Summit khusus membahas tentang cara-cara menghadapi era New Normal untuk membentuk strategi tiap organisasi dan perusahaan melalui perjalanan pelanggan dan data analisis.