Telkomsel Gaet Google Hadirkan Layanan SMS Canggih buat Pelanggan

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.idTelkomselmenggaetGoogleuntuk menghadirkan layananRich Communication ServicesberupaRich Business Messaging (RBM)yang lebih canggih dibanding layanan SMS dan MMS biasa.

Lewat layanan RCS ini, pengguna bisa melakukan berkomunikasi melalui pesan singkat dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi. Gak cuman pesan teks saja, nantinya pengguna bisa berbagi konten seperti stiker, foto dan lainnya serta berpartisipasi dalam obrolan grup. Ada juga ikon tanda terima ‘telah dibaca’ serta tanda ‘typing…’

“Sebagai standar layanan komunikasi seluler terkini, RCS memungkinkan pelanggan Telkomsel untuk meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis, serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Wayan Toni Supriyanto dalam acara Penandatangan MoU Telkomsel dan Google, Senin, (29/01).

 

 

Fitur ini mirip dengan iMessage yang ada di iOS, bedanya fitur tidak terbatas untuk pengguna iOS. Selama ponsel dan operator yang digunakan mendukung RCS ini, maka kalian akan mendapat fitur-fitur tersebut.

Nah, dengan kolaborasi antara Telkomsel dan Google ini, maka pengguna Telkomsel bisa mendapatkan keuntungan dari RCS ini.

Tujuan dari RCS di Telkomsel ini adalah untuk meningkatkan pengalaman komunikasi para pelanggan dan menyajikan solusi pesan singkat yang lebih canggih dan kaya akan fitur yang didukung oleh infrastruktur jaringan terdepan dan terluas Telkomsel di Indonesia.

Woong Soon Nam, selaku Direktur Planning dan Transformasi Telkomsel mengatakan kalau kolaborasi Telkomsel-Google merupakan langkah yang sejalan dengan semangat #PastiAdaSolusi dan menjadi wujud komitmen kami untuk menyediakan solusi khusus melalui teknologi terkini kepada para pelanggan bisnis di Indonesia. 

Tidak hanya untuk pelanggan Telkomsel saja, fitur komunikasi canggih RCS juga hadir bagi pelaku bisnis, baik itu perusahaan kecil dan menengah (UMKM) maupun perusahaan besar.

 

 

Pelaku bisnis juga dapat menggunakan semua fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan 'Rich Business Messages' (RBM) kepada pelanggan dengan use case spesifik sesuai kebutuhan mereka. 

“Dengan platform ini, kami membuka peluang bagi bisnis dari berbagai ukuran dan sektor untuk menjangkau sejumlah besar pelanggan Android yang terus berkembang, menawarkan solusi dan layanan mereka, serta melayani mereka dengan lebih baik,” kata Terence Lai Tuck Leong, Vice President of Digitalisation, Products, and Partnerships of Singtel Singapore.

Untuk saat ini, layanan RCS akan tersedia untuk pelanggan Telkomsel di Indonesia dan Singtel di Singapura, menyesuaikan pada perangkat yang sudah kompatibel teknologi ini. 

Nantinya, pengguna bisa menggunakan layanan RCS ini dengan koneksi data seluler (internet) maupun lewat WiFi. Tapi tenang saja, pesan RCS ini gak memakan banyak kuota kok, sehingga RCS bisa digunakan oleh pengguna dengan data terbatas.