icon-category Telco

Bersaing dengan Tri, Telkomsel Juara Streaming Video di Kota-kota Ini

  • 15 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Laporan terbaru dari OpenSignal kembali memaparkan sejumlah peringkat operator seluler dari berbagai kategori di Indonesia untuk periode Desember 2023. Dari deretan penghargaan, Telkomsel menjuarai kategori ‘Pengalaman Video’ dan ‘Pengalaman Video Siaran Langsung’, hasil yang bersaing cukup ketat dengan Tri.

Dari paparan OpenSignal, Telkomsel menjadi pemenang di kategori ‘Pengalaman Video’ khususnya layanan on-demand dengan skor 61,4 poin dari skala 100 poin. Skor tersebut unggul tipis dari Tri yang mengantongi skor 61, lalu disusul Indosat dengan skor 59,3, XL Axiata 56,4, dan Smartfren 48,2 poin.

alt-img

Tak hanya ‘Pengalaman Video’, Telkomsel juga menempati posisi pertama di kategori ‘Pengalaman Video Siaran Langsung’ dengan skor 57,7 poin dan dan di posisi kedua ada Tri dengan perolehan skor 56,1 poin.

Posisi selanjutnya ditempati Indosat dengan skor 54,8, XL Axiata yang mendapatkan 53 poin, dan posisi terakhir ada Smartfren dengan skor 42,7 poin.

alt-img

Posisi teratas untuk kualitas video live on-demand di tujuh dari 10 wilayah, menariknya dua kemenangan tersebut hasilnya seri dengan Tri.

Secara lebih rinci, Telkomsel memenangkan wilayah Banten, Jakarta Raya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, dan Sulawesi. Nah, daerah yang kemenangannya sama seperti Tri berada di Sulawesi dan Yogyakarta untuk kategori ‘Pengalaman Video’.

Berbeda dengan Tri, operator ini unggul di Kalimantan, Kepulauan Sunda Kecil, Sumatra, dan Sulawesi.

alt-img

Kategori ‘Pengalaman Video’ ini sendiri mengukur kualitas video yang streaming ke smartphone pengguna dengan mengukur streaming video melalui jaringan kelima operator di Indonesia. Video yang diuji mencakup berbagai resolusi, termasuk Full HD (FHD) dan Ultra HD (UHD) atau 4K, serta streaming secara langsung dari penyedia konten video.

Predikat ‘Pengalaman Video yang Baik’ (skor 58-68) memiliki arti bahwa para responden menyaksikan video live setidaknya pada 720p dengan waktu loading yang rendah, latency rendah, dan live offset yang memuaskan.

Selain ‘Pengalaman Video’, ada juga indikator lain yang menentukan skor operator kian tinggi, seperti pengalaman video di jaringan 5G dan pengalaman video 4G.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini