Telkomsel Temukan 3 Ide Terbaik di Sektor Periklanan Digital

pada 3 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

 

Uzone.id- Telkomsel akhirnya menemukan tiga ide terbaik di sektor periklanan digital dalam acara final DigiHackAction. Salah satu pemenangnya adalah aplikasi yang bisa memberikan perbandingan harga produk dari setiap platform ecommerce yang ada.

Secara lengkap, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan melalui penilaian yang objektif, dewan juri memilih Cek Toko Sebelah App sebagai juara dengan ide Real Time Product Comparison. Sedangkan posisi dua diduduki oleh TIM Deadliner dengan ide Comment Robot Marketing, dan StoriAI dengan ide AI Assistant for Persuasive Writing di posisi ketiga.

Solusi Real Time Product Comparison milik Cek Toko Sebelah App memungkinkan pengguna untuk dapat membandingkan harga produk dari setiap platform e-commerce (Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia).

Baca juga:Jokowi Ajak Netizen Nonton Konser Virtual God Bless

Sementara itu, melalui alat marketing bernama Comment Robot Marketing, Tim Deadliner ingin memudahkan para UMKM dapat memaksimalkan merk dan memasarkan produk mereka melalui komentar di media sosial menggunakan teknologi Natural Language Processing Artificial Intelligence.

Sedangkan StoriAI sendiri menawarkan solusi yang diberi nama AI Assistant for Persuasive Writing agar pengguna dapat menciptakan iklan yang menarik, konten tulisan, caption media sosial dan deskripsi di e-commerce tanpa memerlukan keahliah copywriting.

SVP Digital Advertising & Banking Telkomsel, Ronny W. Sugiadha mengatakan jika DigiHackAction merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk membuka peluang lebih luas bagi talenta digital unggul di seluruh Indonesia untuk lebih berkembang dengan memberikan solusi teknologi yang inovatif dan bermanfaat bagi pelaku bisnis di Indonesia, khususnya UMKM.

"Semoga DigiHackAction dapat lebih banyak menciptakan beragam inovasi dalam solusi dan ide bisnis yang lebih customer-centric untuk memenuhi berbagai kebutuhan digital marketing di Indonesia sehingga mampu #BukaSemuaPeluang yang akan berkontribusi pada kemajuan industri digital advertising di Indonesia," ujar Ronny, usai pengumuman pemenang, Senin, 30 Agustus 2021.

Baca juga: Cara Nonton Konser Virtual God Bless

Tingginya antusias talenta digital Tanah Air untuk mengasah kemampuan sudah terlihat sejak dibukanya pendaftaran DigiHackAction yang berlangsung selama Juni hingga Juli 2021. DigiHackAction yang mengusung tema "The 1st Adtech and Martech Hackathon in Indonesia" pada tahun ini menerima sebanyak 300 ide. Ratusan ide tersebut datang dari para peserta dengan berbagai latar belakang yang di antaranya 68 persen tim independen, 24 persen startup, 27 persen pengembang, dan 11 persen perusahaan digital.

Berdasarkan jumlah ide yang masuk, 46 persen di antaranya memilih tema Advertising and Marketing Direct Solution, 28 persen memilih Digital Advertising Product, dan 26 persen memilih Advertising and Marketing Support Solution. Ratusan ide tersebut kemudian dikurasi hingga tersaring 137 ide (Top 100) yang diumumkan pada 14 Agustus 2021. Para juri kemudian mulai mengambil alih peran dalam mengkurasi ide-ide tersebut untuk dipilih menjadi 10 ide terbaik (Top 10) untuk dipresentasikan pada Demo Day yang diumumkan pada 26 Agustus 2021 lalu.