TikTok dan Tokopedia ‘Kawin’, Total Tampung 21 Juta Seller UMKM

pada 8 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Setelah bergabung dan bermigrasi ke Tokopedia, e-commerce TikTok Shop atau Shop Tokopedia mengalami kenaikan dalam jumlah UMKM dan transaksi.

Terbaru, Tokopedia mencatat jumlah seller di dua platform ini mencapai 21 juta seller yang hampir 100 persennya adalah brand lokal atau UMKM.

“Di Tokopedia dan TikTok Shop (Shop Tokopedia menjadi rumah bagi lebih dari 21 juta penjual termasuk brand lokal dari berbagai kategori,” kata Nuraini Razak, E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia dalam acara Halal Bihalal bersama media, Kamis, (25/04).

Nuraini menambahkan bahwa persatuan dua platform ini membawa dampak yang positif pada tren belanja online masyarakat khususnya saat momen Ramadan dan Lebaran 2024, terlebih Tokopedia juga menggelar kampanye Beli Lokal di dua platform ini.

 

 

“Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” ucap Nuraini.

Di TikTok Shop, tercatat juga bahwa volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023.

Di Tokopedia, beberapa kategori produk menjadi barang yang paling dicari selama Ramadan. Produk kebutuhan sehari-hari (Groceries) seperti makanan, minuman, kecantikan dan perawatan diri jadi yang paling banyak dicari.

Kategori Rumah Tangga dan Fashion juga jadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024 kemarin.

Masing-masing dari produk ini mengalami kenaikan hingga 2 kali lipat untuk kebutuhan sehari-hari dan 2,5 kali lipat untuk fashion. Kenaikan ini terjadi menjelang periode akhir puasa dan lebaran.

 

 

Sedangkan pada Shop | Tokopedia di TikTok, produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare dan Makanan Ringan adalah beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat pada periode yang sama.

Di platform ini, para seller yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

Salah satu UMKM lokal yang mengalami kenaikan transaksi saat periode Ramadan dan Lebaran 2024 adalah Jenna and Kaia yang mencapai kenaikan transaksi hingga 3 kali lipat dengan berbagai kampanye yang tersedia di dua platform ini.

Ada juga brand lokal makanan Hijrahfood yang turut serta dalam 2 kampanye saat Ramadan dan Lebaran di Tokopedia serta TikTok Shop.

“Selama mengkuti kampanye Ramadan Ekstra Seru, penjualan kami meningkat hingga 3 kali lipat. Bahkan penjualan daging rendang melonjak hingga 10 kali lipat selama Ramadan dibandingkan hari biasa,” kata Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop, Akram Amrullah Rajab.

Brand lokalskincareTulus Skin juga mengalami kenaikan omzet hingga 5 kali lipat semenjak bergabung dengan Tokopedia. Di periode Ramadan dan Lebaran tahun ini, Pemilik Usaha Tulus Skin, Jessica Anggrainy menyebut kalau penjualan produknya meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa.