Tips Maksimalkan Head Unit Agar Bisa Konser di Dalam Kabin

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.id-Sebagai perangkat hiburan yang utama di dalam mobil, head unit mobil akan berguna untuk menjadi teman selama perjalanan bahkan digunakan untuk persiapan sebelum menonton konser.

Di tengah jadwal padat menyambut deretan kunjungan artis global yang mengadakan konser di tanah air, para penggemar sejati tentu sudah mulai bersiap melakukan pemanasan dengan rutin memutar lagu populer dari musisi yang akan disaksikan, bahkan ikut menyanyi bersama di dalam mobil (carpool karaoke).

 

 

Seperti halnya fitur di dalam Suzuki Baleno yang dapat dioptimalkan oleh penggunanya, euforia menjelang konser bisa dinikmati dengan pemanfaatan head unit yang memungkinkan pengguna Baleno menikmati lagu kesukaannya dan merasakan kontrol penuh atas pemutaran musik, penunjuk jalan, dan fungsi lainnya dalam satu layar.

Agar dapat memaksimalkan fitur bawaan pada head unit dan sistem audio Baleno, Suzuki memberi tips cara mengoperasikan elemen kontrol dan fitur lainnya agar pengalaman carpool karaoke semakin berkesan:

Gunakan Fitur Konektivitas Ponsel Pintar pada head unit untuk mempermudah akses hiburan dalam mobil

Mayoritas mobil Suzuki kini sudah dibekali dengan head unit modern yang mampu terkoneksi dengan dengan ponsel pintar.

Sebagai contoh Suzuki Baleno dan Grand Vitara yang dibekali head unit berukuran 9 inch dengan desain floatingyang memberi kesan mewah bagi penggunanya juga sudah memiliki fitur sambungan langsung dengan ponsel pintar seperti Apple CarPlay dan Android Auto.

Dengan adanya fitur tersebut, sangat memudahkan pengguna dalam perjalanan karena akses untuk hiburan, mengatur navigasi arah, dan sebagainya bisa terintegrasi dalam satu layar utamahead unit mobil dengan tampilan orisinil sehingga memudahkan interaksi dengan aplikasi yang dibutuhkan dengan lebih aman dan nyaman.

Fitur konektivitas ponsel pintar dapat diakses dengan mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem ponsel pintar masing-masing.

Pengguna Apple CarPlay sebagai contoh, hanya perlu menyalakan sambungan bluetooth dan secara instan akan muncul pop up yang menawarkan sambungan Apple CarPlay atau bluetooth ke head unit mobil.

Konektivitas dapat dilakukan secara nirkabel ataupun menggunakan kabel USB dan head unit akan langsung tersambung. Cara yang sama juga berlaku untuk pengguna android melalui Android Auto.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di ponsel pintar juga dapat dilakukan melalui head unit seperti menerima panggilan, membaca, mengirim, dan membalas pesan, mengakses layar navigasi, dan menyetel musik lewat platform pemutar musik favorit dengan tampilan orisinil seperti pada ponsel pintar.

Pengguna bahkan juga bisa menampilkan lirik lagu pada head unit bila dibutuhkan untuk menyanyi bersama dalam mobil.

Mengontrol volume dan pilihan musik lewat tombol kendali di setir mobil

Menikmati musik di dalam mobil kini jauh lebih menyenangkan berkat tuas kontrol pada roda kemudi. Biasanya tuas kontrol untuk hiburan dapat ditemukan pada sisi kiri setir.

Pengguna kendaraan bisa menaikkan atau menurunkan volume suara, memindahkan pilihan musik maju atau mundur, dan berpindah frekuensi siaran dalam jangkauan sembari tetap fokus pada kondisi mengemudi.

Pengguna bahkan bisa memanfaatkan fitur voice command atau perintah suara untuk mengakses daftar putar atau mencari musik favorit namun tetap nyaman dan aman saat menyetir.

Tuas kontrol lainnya seperti mengangkat atau menutup panggilan telepon, mengganti mode sumber audio, hingga membisukan suara audio juga bisa dilakukan lewat tombol-tombol yang bisa dijangkau dengan mudah.

Selain pada setir, tuas kontrol ini juga bisa ditemukan pada bagian bawah layar head unit Baleno dan Grand Vitara.

Manfaatkan pengaturan Equalizer untuk memaksimalkan pengalaman carpool karaoke

Suzuki Baleno dan Grand Vitara keduanya telah dilengkapi dengan sistem audio yang terpasang di dashboard dan pintu mobil untuk memastikan kualitas suara yang seimbang di seluruh bagian mobil.

Bagi para pecinta musik, tentu akan selalu mencari pengalaman mendengarkan lagu yang menyenangkan lewat pengaturan ulang frekuensi suara pada equalizer mobil.

Setiap sistem audio kendaraan memiliki setelan dasar yang berbeda-beda sehingga pengguna dianjurkan untuk menyesuaikan ulang frekuensi audio seturut preferensi masing-masing.

 

 

Pada fitur equalizer biasanya sudah disajikan preset untuk jenis musik yang berbeda, atau dapat juga menyetel ulang kekuatan bass, treble, fade, dan balance sesuai dengan tipe musik yang akan didengar.

Menurut Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS), Suzuki selalu mengutamakan kenyamanan pengguna lewat interior dan sistem audio yang memuaskan. 

“Salah satunya lewat inovasi head unit dan fitur audio agar pengalaman berkendara nyaman dan tidak membosankan. Kelebihan fitur pada head unit di Baleno misalnya, bisa mewujudkan persiapan para penggemar dengan cara yang mudah dan menyenangkan,” tutup Harold.