Tokopedia Bekali Skill Kreator ke Anak Muda Lewat Program Creators Lab

pada 2 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id —Tokopedia dan ShopTokopedia turut memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada Senin, (28/10) kemarin dengan memberikan ragam program dukungan untuk seller hingga pengguna di kalangan muda.

Mengusung tema “Maju Bersama Indonesia Raya”, Tokopedia menghadirkan beberapa kampanye seperti Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik serta platform Creators Lab untuk membantu UMKM mempromosikan produk dengan cara yang lebih menarik.

Selain UMKM, Creators Lab juga dihadirkan untuk mendukung kreator muda untuk memasarkan produk dengan cara menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia.

“Affiliate creator bisa menjadi sebuah profesi berpenghasilan sekaligus menambah lapangan pekerjaan. Di tengah persaingan yang semakin ketat, pelaku bisnis termasuk UMKM, perlu melakukan berbagai cara promosi dan pemasaran, salah satunya melibatkan affiliate creator,” kata Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, Selasa, (29/10).

 

 

Menurutnya, kolaborasi UMKM danaffiliatecreator akan menguntungkan semua pihak. Di satu sisi, UMKM bisa mendapat promosi di sisi lain affiliate creator juga bisa memperoleh penghasilan.

Ada ragamskillyang akan dipelajari oleh para kalangan muda di Creators Lab, antara lain prinsip afiliasi dan strategi pemasaran di platform untuk membantu pemasaran produk UMKM lewat kreativitas konten.

Creators Lab sendiri terdiri dari sejumlah modul, yaitu Afiliasi dan Personal Branding, Perancangan Skrip Video, Strategi Konten dan Persiapan Live Streaming, Evaluasi Performa Konten. 

Program ini sudah diluncurkan di beberapa kota seperti Surabaya pada Juli 2024 lalu dan di Tegal pada September 2024 bersama BNI. Ke depannya, Tokopedia berencana untuk memperluas program ini ke wilayah lainnya untuk menggandeng anak-anak muda.

 

 

“Sejalan dengan semangat gotong royong Sumpah Pemuda, Tokopedia dan ShopTokopedia, bersama para mitra strategis, akan terus berupaya menghadirkan Creators Lab di berbagai wilayah lain di Indonesia,” kata Aditia.

Salah satuaffiliate creatorjebolanCreators Labadalah Ravenna Ravika (Vika) yang merupakanPCOS survivordan ibu satu anak yang fokus mengedukasi komunitas mengenai kesehatan reproduksi lewat konten di media sosial. 

Berkat menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia, Vika mengaku memiliki waktu lebih banyak dengan keluarga dan bisa mendapatkan penghasilan yang bahkan melebihi saat bekerja sebagai karyawan.

Hingga kini, Creators Lab dari Tokopedia tercatat sudah berhasil memberikan pelatihan kepada ratusan anak-anak muda untuk menjadi affiliate creator di platform mereka. Selain mempromosikan produk UMKM ke audiens yang lebih luas, para affiliate creator juga dinilai mampu memberdayakan masyarakat lewat konten edukatif.

Tak hanya memberikan pengaruh positif pada affiliate, tren ini juga memberikan pertumbuhan positif pada transaksi produk di Tokopedia dan ShopTokopedia, salah satunya adalah produk kesehatan yang terus naik. Salah satunya adalah obat-obatan, perlengkapan medis, serta vitamin dan suplemen, masker dan perlengkapan medis di Tokopedia dan ShopTokopedia yang naik di kuartal ketiga 2024.