Toyota Avanza Harus Ditarik dari Pasaran, Ada Apa?

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Toyota Astra Motor mengumumkan kampanye recall alias penarikan kembali beberapa mobilnya yang dijual di pasaran, salah satunya Avanza.

Toyota mengatakan, penarikan kembali tersebut untuk menjaga kualitas dan tanggung jawab atas keamanan dan kenyamanan pelanggan.

Selain Avanza, Veloz dan Raize juga terkena dampak penarikan kembali ini. Kampanye ini untuk melakukan pengecekan dan atau mengganti ECU pada airbag yang mengalami masalah.

 

 

Adapun unit yang terlibat recall ini adalah mobil yang diproduksi pada Desember 2022 sampai Januari 2023.

"Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan," kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, dalam siaran persnya.

Pemilik model-model yang disebutkan di atas disarankan untuk menghubungi Toyota atau datang ke jaringan dealer Toyota terdekat agar dilakukan pengecekan pada ECU Airbag kendaraannya.

“Dan jika dibutuhkan melakukan penggantian komponen ECU Airbag di bengkel resmi Toyota," tambah Henry.

Toyota mengatakan, ada malfungsi pada salah satu kapasitor ECU Airbag. Malfungsi tersebut bisa menyebabkan adanya potensi Airbag tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Sehingga, konsumen yang mobilnya terkena dampak untuk segera ke diler Toyota untuk dilakukan pengecekan dan atau penggantian komponen yang bermasalah tersebut, yang hanya butuh waktu sekitar 1 jam pengerjaan.

Untuk prosesnya, pelanggan disarankan melakukan booking service terlebih dahulu, agar diler dapat mempersiapkan stall, teknisi, dan part yang akan diganti. Dan seluruh proses pemeriksaan dan penggantian tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

Seluruh jaringan diler Toyota yang saat ini berjumlah 298 bengkel yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan segera melakukan pengecekan dan penggantian komponen ECU Airbag kendaraannya.

 

 

Toyota juga akan menginformasikannya kepada konsumen melalui berbagai saluran komunikasi. Selain itu, konsumen bisa menghubungi jaringan dealer resmi terdekat serta dapat menghubungi Toyota Customer Care(24 jam) di nomor telepon 1-500-315.

Konsumen pun dapat mengakses www.toyota.astra.co.id/ssc untuk melakukan pengecekan nomor rangka dan selanjutnya akan diberikan informasi apakah kendaraannya masuk dalam program recall Toyota.