Toyota dengan Kemewahan Lebih dari Mercedes-Benz, dan Itu Bukan Lexus

pada 9 hari lalu - by

Uzone.id-Kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana kita bisa mengklaimToyotalebih mewah dariMercedes-Benz S-Class?

Tapi memang ada Toyota yang seperti itu. Dan sayangnya, tidak dijual di manapun selain khusus di Jepang.

 

 

Mobil yang dimaksud adalahToyota Century, sedan andalan raksasa otomotif Jepang tersebut. Nama Century telah ada selama hampir 60 tahun, dimulai pada pertengahan tahun 1966.

Sejak saat itu, Century telah mempertahankan statusnya sebagai yang teratas, yang hanya dibeli oleh para petinggi, termasuk pejabat pemerintah berpangkat tertinggi di Jepang, dan bahkan Kaisar.

Jika hanya ada satu mobil yang mencerminkan budaya Jepang kelas atas, Toyota Century adalah pilihan yang tepat. Mobil ini memancarkanShigeru, atau kemewahan dalam bahasa Inggris, lebih baik daripada mobil lain yang diproduksi negara ini.

Generasi Pertama (1967–1997)

Pada tahun 1960-an, Toyota ingin memperingati kelahiran pendiri mereka, Sakichi Toyoda pada tahun 1867. Mereka memberi nama "Century" pada kreasi baru mereka yang mewah untuk menandai ulang tahunnya yang ke-100.

Toyota tahu bahwa mobil ini harus tak tertandingi dalam beberapa aspek, termasukbuild quality,style, dan kehalusan. Bagaimanapun, ini adalah sebuah karya yang mencerminkan dedikasi Toyota terhadap warisan budaya.

Maka lahirlah Toyota Century generasi pertama, sebuah mobil yang dengan cepat mengukuhkan posisinya dalam budaya otomotif Jepang, dan budaya negara secara keseluruhan.

Generasi Kedua (1997–2017)

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Toyota tidak terlalu sering mengutak-atik tampilan Century. Faktanya, Toyota sangat berhati-hati dalam mendesain ulang Century.

Mereka menunggu 30 tahun untuk merombak modelnya, artinya generasi pertama Century bertahan selama 30 tahun, dari tahun 1967 hingga 1997.

Alasan mengapa Century tetap terlihat sederhana dan tidak berubah adalah tujuannya dalam menunjukkan keberhasilan konservatif.

Ketika Century generasi kedua hadir, tidak banyak berubah dalam hal tampilan dan nuansa secara keseluruhan. Itu hanya diperbarui agar sesuai dengan zaman.

Namun, satu area yang paling banyak mengalami perubahan pada Century adalah mesinnya. Kini mobil tersebut menampilkan mesin V12 berkapasitas 5.000 cc, yang pertama - dan satu-satunya - V12 yang pernah dipasang pada mobil produksi pabrikan mobil Jepang tersebut.

Mesin 12 silinder tersebut bekerja secara harmonis untuk menyeimbangkan diri dan menciptakan mesin yang saking lembutnya, lebih mirip bantal daripada perangkat pembakaran internal.

Ini yang Bikin Toyota Century Begitu Mewah

Toyota Century bukan sekedar sedan berbadan besar dengan nama prestisius dan latar belakang Jepang yang megah, ada cukup banyak detail yang cermat dalam desain dan produksinya, bahkan hingga saat ini.

Salah satu alasannya adalah karena setiap Toyota Century dibuat dengan tangan di pabrik Toyota City Motomachi.

Dan setiap orang yang mengerjakan Century selama proses pembuatannya dipilih langsung oleh petinggi Toyota berdasarkan tingkat penguasaan keahlian khusus mereka.

Century sepenuhnya buatan tangan. Proses pembuatan eksteriornya mengikuti lima langkah; stamping, bodi, pengecatan, perakitan, dan inspeksi.

Beberapa pasang mata mengawasi proses pembuatan Century, dengan checks and balances dibangun dalam setiap langkah prosesnya.

Kabarnya, hasil akhir Century sangat halus dan bebas cacat, sehingga bodinya dapat digunakan sebagai cermin dalam kondisi cahaya yang tepat.

Di kabin Century, segala sesuatunya dibangun dengan susah payah seperti halnya di eksterior. Century menggunakan beberapa bahan berbeda untuk membentuk kabin tradisionalnya.

 

 

Beberapa material menarik yang digunakan pada interior Century adalah headliner kertas beras dan pelapis kain wol. Bahkan ada granit asli yang dibangun di footstep masuknya.

Dikatakan bahwa Century memiliki kualitas pembuatan terbaik dari semua mobil yang dibuat saat ini, dan alasannya masuk akal. Tidak mengherankan juga jika mobil ini dikenal di Jepang sebagai "Mobil Terbaik di Dunia".