Toyota Luncurkan Hilux Hybrid Pakai Mesin Diesel

pada 1 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Kebanyakan mobil-mobil hybrid di dunia memadukan antara mesin bensin dengan motor listrik. Tapi tidak begitu denganToyotayang menghadirkan mesin diesel berpadu dengan motor listrik pada double cabin andalannya, Hilux.

Toyotaresmi meluncurkan Hilux versi hybrid, yang mengandalkan mesin turbo diesel berkapasitas 2.800cc dengan motor listrik ringan dan baterai lithium 48 volt yang ditempatkan di bawah jok penumpang belakang.

 

 

Dengan disematkannya sistem hybrid tersebut, membuat tenaga yang dihasilkan dua sumber penggerak tersebut jadi bertambah, yakni sebesar 16 PS untuk tenaganya dan 65 Nm untuk torsinya.

Namanya mobil pekerja keras,Toyotapun memastikan kalau motor listrik Hilux ini dibuat dengan dimensi yang kompak dan punya kekuatan tambahan agar bisa digunakan di segala kondisi lingkungan dan kondisi.

Toyotajuga memperkuat material belt yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan berkendara dan sistem kerja mesin yang lebih senyap, sekaligus meningkatkan durabilitasnya.

Untuk spesifikasi detail mesinnya,HiluxHybrid ini dipersenjatai mesin diesel 2.800 cc DOHC 16 katup yang telah memenuhi standar Euro 6 menjadi sumber tenaganya.

Tenaganya mencapai 204 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 500 Nm antara 1.600 rpm sampai 2.800 rpm.

Mesin itu dilengkapi dengan sistem injeksi bahan bakar common rail, variable nozzle turbocharger (VNT), dan intercooler berpendingin air.

Agar emisinya lebih rendah,Toyotajuga menambahkan Katalis Oksidasi Diesel, Filter Partikulat Diesel, Reduksi Katalitik Selektif dan Urea Additional Injection.

Sementara itu, baterai 48 volt yang hanya berbobot 7,6 kg dapat diisi ulang melalui regenerasi energi saat pengereman. Sistem regenerative braking itu juga berkontribusi terhadap perlambatan.

Berkat sistem hybrid ringan 48 volt,Hiluxmemiliki respons throttle yang lebih baik. Mobil ini pun lebih irit dengan peningkatan efisiensi bahan bakar hingga 5 persen dibanding Hilux diesel konvensional.

Toyota juga sudah merancang bateraiHiluxHybrid 48 volt tahan banjir, karena dirancang kedap air yang memungkinkan mobil ini melaju di genangan dengan kedalaman 70 cm.

ApalagiHiluxHybrid memiliki approach dan departure angle masing-masing 29 derajat dan 26 derajat. Sedangkan ground clearancenya mencapai 310 mm, sehingga cukup fleksibel menlibas segala medan.

ToyotaSafety Sense (TSS) sudah dijadikan fitur standar, yang mengemas Pre-Collision System yang ditingkatkan dengan peningkatan deteksi pejalan kaki di malam hari, deteksi pesepeda di siang hari, dan deteksi kendaraan melaju atau pejalan kaki di persimpangan saat berbelok.

 

 

Juga sistem Lane Departure Alert kini dapat mendeteksi sisi jalan selain marka jalan, sementara adaptive cruise control yang dapat membaca rambu jalan membantu pengemudi menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depan.

Terakhir ada sistemToyotaSmart Connect terbaru yang menawarkan navigasi berbasis cloud dengan kontrol suara untuk panggilan telepon, AC serta penguncian dan pembukaan kendaraan melalui aplikasi ponsel.