eSportsJadi Cabang Olahraga Resmi di SEA Games 2019, Apa KataGamerIndonesia?

pada 5 tahun lalu - by

Turnamen eSports di Asian Games 2018 (Dok. Nimo TV)

Uzone.id -Kesuksesan penyelenggaraan turnamen eksibisieSportdi ajang Asian Games 2018 ternyata berlanjut di pesta olahraga lainnya.

Berdasarkan siaran pers dariNimo TV,eSportsmenjadi salah satu cabang olahraga (cabor) kategori tiga untuk disertakan dalam SEA Games 2019 di Manila, bersama dengan cabang olahraga lainnya sepertijiu-jitsu,lawn bowling/petanquedannetball.

Menurut laporan resmi dariFox Sports Asia, hal ini diusulkan olehPhilippines South East Asian Games Organizing Committee(PhilSGOC).

Baca: Mengapa BermainGameBisa Dikategorikan Sebagai Olahraga dan DisebuteSports?

Berbeda denganeSportsdi Asian Games 2018 yang bersifat sebagai turnamen eksibisi non-resmi, penyelenggaraan caboreSportskali ini bersifat resmi. Artinya, setiap pemenang akan mendapat medali dan diperhitungkan dalam klasemen perolehan medali.

Dengan demikian, atleteSportsakan mendapat kesempatan lebih besar untuk mengharumkan nama negaranya di kancah internasional.

Sebagai Ketua Umum IndonesiaeSportsAssociation (IeSPA), induk organisasieSportsdi Indonesia, Eddy Lim mengatakan, “Kami menyambut baik perkembangan terbaru ini dan tentunya untuk saat ini yang bisa kita lakukan adalah memastikan kesiapan timeSportsdari Indonesia.”

Baca:Nimo TV, Layanan Live Streaming Khusus Game & eSport

Sejauh ini, salah satu cabang gim yang diumumkan baru Mobile Legends. Hal ini mungkin terjadi, karena Mobile Legends cukup populer di kawasan Asia Tenggara. Eddy mengatakan bahwa pihaknya optimis kontingen Indonesia bisa berprestasi lebih di pergelaran e-sports SEA Games 2019.

“Saya melihat kemungkinan Indonesia bisa lebih berprestasi di ajang SEA Games mendatang. Terutama mengingat tingkat persaingannya lebih sedikit dibanding ajang Asian Games yang lalu,” ujarnya dalam siaran pers oleh Nimo TV, sebuah platform global yang memungkinkangamerdi seluruh dunia untuk bermain dan menyiarkan permainannya kepada para pemain lainnya.

Walaupun sejauh ini cabang gim lain yang akan dipertandingkan masihoff the record, Eddy berharap penyelenggaraan caboreSportsdi SEA Games 2019 mampu menarik lebih banyak perhatian dari kalangan milenial.

Baca:Lenovo Gelar 3 Kompetisi eSports Tahun Ini

Eddy mengatakan, “Beberapa timeSportsdari Indonesia sudah sering berkompetisi di tingkat lokal maupun internasional di cabang gameMobile Legends. Kami menunggu informasi cabang gim lainnya yang akan dipertandingkan di SEA Games 2019.”  

TimeSportsElite8 sendiri juga menyambut baik masuknya cabang gimMobile Legenddi SEA Games 2019 mendatang. Heinrich ‘KangPecel’ Ramli, pemilik tim Elite8 mengatakan bahwa timnya mengapresiasi penuh pencapaian industrieSportssehinggaMobile Legendsdapat secara resmi menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada SEA Games 2019 di Filipina.

Baca:Karena eSports Bukan Hanya untuk para Atlet

“Tentu, berita ini disambut dengan baik oleh para pemain gim mobile karena hal ini akan menambah semangat mereka untuk memperebutkan medali guna mengharumkan nama baik timeSportsdan Tanah Air,” ungkap  Heinrich ‘KangPecel’ Ramli.

Lebih lanjut, dia menambahkan, “SelainMobile Legends, beragam permainan gim yang saat ini sedang populer sepertiPUBG, MobiledanClash Royalejuga memiliki peluang besar untuk turut dapat dipertandingkan dalam SEA Games 2019. Karena itu, tim Elite8 akan fokus pada gim PUBG Mobile dan mulai melakukan berbagai persiapan menuju pesta olahraga SEA Games 2019.”