Ventilasi Kabin Innova Zenix Hybrid Jangan Ditutup, Baterai Bisa Rusak

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Pengguna Toyota Innova Zenix Hybrid tampaknya harus banyak belajar untuk merawat mobil yang dimilikinya. Berdasarkan informasi dari salah satu dealerToyota, pemilik Innova Zenix Hybrid wajib memperhatikan kembali bagian ventilasi di dalam kabin, karena bisa memengaruhi kinerja dari high-voltageatau HV baterai.

Untuk diketahui, Toyota Innova Zenix Hybrid punya HV baterai yang disimpan di bawah jok penumpang depan. Untuk mempertahankan temperaturnya, Toyota menggunakan sistem pendingin khusus yang mengalirkan udara dingin dari kabin menggunakan blower ke HV baterai.

Blower tersebut memiliki saluran pendingin dalam bentuk ventilasi udara di bawah jok penumpang depan. Artinya, jika ventilasi udara tertutup, maka udara yang dialirkan sebagai pendingin HV baterai akan terganggu. Dalam kondisi tertentu, sistem pendingin dapat tidak bekerja sama sekali.

Ventilasi Kabin Toyota Innova Zenix Hybrid

"Kalau dibiarkan tertutup ventilasinya, pendinginan HV baterai akan terganggu dan suhunya meningkat. Kondisi ini menyebabkan HV baterai menjadioverheatdan kinerjanya juga akan menurun, baik pada saatchargemaupundischarge," ujar Ali Rosyadi selaku Service Technical - Aftersales Business Division Auto2000 dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

"Oleh sebab itu, jangan menutupair intake ductHV baterai yang ada di bawah jok penumpang depan Innova Zenix Hybrid," sambungnya.

Ali mengatakan jika ventilasi itu tertutup secara tidak sengaja, dapat membuat pendinginan tidak bekerja dengan baik. Hal ini dapat memicu indikator peringatan HV baterai pada panel instrumen menyala, sehingga pemilik dapat langsung melakukan pemeriksaan awal pada ventilasi udara.

Namun jika HV baterai pada Toyota Innova Zenix Hybrid rusak, maka tidak dapat menyimpan listrik yang dihasikan oleh motor generator saatcharging. Jika kondisichargeberada di bawah nilai yang ditetapkan oleh sistem, maka mesin bensin akan hidup terus menerus sebagai sumber tenaga utama.

Sebagai tambahan informasi, Toyota Innova Zenix Hybrid dibekali mesin berkode M20A 2.000 cc, 4-silinder segaris, DOHC, dan Dual VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan daya sebesar 152 PS dengan torsi 113 Nm. Jika mesin tersebut dibantu dengan motor listriknya, mampu menyumbangkan tenaga sebesar 113 PS dan torsi 206 Nm.