icon-category Digilife

Anak Muda Harus Tahu Telkom Metaverse Ecosystem, Apa Saja Isinya?

  • 22 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Perkembangan dunia digital begitu pesat dan mampu melahirkan banyak teknologi baru yang memikat perhatian masyarakat, khususnya anak-anak muda yang melek dunia digital. Ini menjadi dorongan bagi Telkom Indonesia untuk membuat ekosistem metaverse sendiri.

    Diberi nama Telkom Metaverse Ecosystem, ini adalah platform gubahan Telkom yang bertujuan menjadi wadah para kreator dan masyarakat berkreasi untuk memajukan industri kreatif melalui ruang virtual.

    Kehadiran Telkom Metaverse Ecosystem diharapkan dapat berkontribusi untuk memastikan nilai-nilai dari teknologi digital ini bisa memberikan manfaat ke banyak pihak, terutama mereka yang bergerak di bidang industri kreatif seperti musik, desain, game, dan lain sebagainya.

    Lantas seperti apa ekosistem metaverse yang dikembangkan oleh Telkom ini?

    Telkom membuat marketplace untuk pemain kripto dan NFT yang diberi nama Selasar NFT. Marketplace ini kabarnya dapat memfasilitasi utility yang dapat membuat token ke dalam bentuk Phygital (Physical dan Digital).

    Perlu diketahui juga, item NFT pada Selasar NFT juga akan dapat digunakan pada metaverse manapun, baik alam metaverse yang ada di internal maupun eksternal Telkom.

    Baca juga: Pendapatan Telkom di 2021 Tembus Rp143,2 Triliun

    Selain Selasar NFT, Telkom juga menghadirkan Merchnesia, yakni unit bisnis yang membantu menyediakan physical item atau merchandise dari selasar NFT, serta mendistribusikannya kepada para user yang melakukan proses redeem dari Phygital (Physical Digital) itemnya.

    Terakhir, Telkom Metaverse Ecosystem ini juga akan menghadirkan konser virtual (virtual concert) di dalamnya. Nantinya, konser akan digelar di virtual world yang dibangun oleh tim metaverse Telkom dan dikemas dengan tampilan menarik dan imajinatif agar memberikan penawaran baru menikmati konser musik secara virtual.

    Selain itu, dengan adanya virtual concert ini jangkauan audiens dan penggemar bisa lebih luas, alias dapat menarik minat para penikmat musik. Pengalaman konser yang unik, dipadukan dengan digital collectibles NFT, tanpa ada batasan tempat dengan biaya yang lebih murah akan mampu meningkatkan keuntungan serta citra bagi musisi Indonesia.

    Lalu, kira-kira apa saja keunggulan dari produk-produk ini?

    “Telkom Metaverse Ecosystem merupakan jalur yang tepat bagi Telkom Group untuk berkolaborasi. Ada Uzone dan Indihome TV sebagai platform media, ada LangitMusik di entertainment, dan Merchnesia untuk merchandise,” ungkap Deputy EVP Digital Technology & Platform Business Telkom Indonesia Ery Punta Hendraswara dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

    Ia melanjutkan, “ekosistem metaverse ini bagian perdana dari semangat untuk belajar, mendapat experience, dan memulai dari kami untuk para pelaku industri kreatif yang ingin berkarya untuk kepentingan bangsa. Dan yang membanggakan, Telkom Metaverse Ecosystem dikerjakan oleh tim internal Telkom.”

    (Tampilan di dalam Telkom Metaverse Ecosystem. Foto: Uzone.id)

    Sementara itu Senior Manager Emerging Technology Platform Telkom Indonesia Anton W. Pramono menambahkan bahwa keunggulan Selasar NFT adalah dikembangkan untuk memudahkan user atau partner untuk membuat, menjual dan membeli NFT menggunakan FIAT money (Rupiah).

    “Keunggulan kedua, Selasar NFT memiliki utility dalam bentuk Phygital (Physical dan Digital) sehingga user dapat me-redeem digital itemnya ke dalam bentuk fisik. Ketiga, marketplace ini bisa terhubung dengan metaverse-metaverse yang ada di internal maupun eksternal Telkom. Keempat, sistem royalti yang dapat lebih localize di mana pembagian dapat disesuaikan dengan kebutuhan kreator dan partner. Dan yang kelima, support oleh unit bisnis telkom lainnya.”

    Baca juga: Telkom University Gelar Wisuda Metaverse Pertama di Indonesia

    Telkom juga tak lupa menggelar konser virtual perdana yang bertajuk ‘Panggung Anak Senja’ yang dibuka oleh Pusakata dan siap tayang mulai 23 April 2022 hingga akhir Mei 2022.

    Pusakata dalam konser ini akan mempersembahkan lagu-lagu yang menjadi hits, di antaranya 'Larung', 'Akad", 'Ruang Tunggu', dan lain-lain.

    Setelah Panggung Anak Senja, akan ada 'Vidi Aldiano Live At Metaverse', dan masih banyak lagi musisi baik penyanyi dan band ternama Indonesia akan tampil.

    Untuk pecinta musik yang ingin menyaksikan konser perdana Pusakata di Panggung Anak Senja bisa mengunjungi di link ini.

    Bagi pelanggan Merchnesia ada promo beli merchandise gratis tiket konser virtual Pusakata, serta untuk pelanggan indihome pun juga ada penawaran menarik berupa harga tiket yang hanya dibanderol Rp10 ribu.

    (Foto: Uzone.id)

    Tunggu apa lagi? Jangan lupa join, guys!

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini