home ×
Digilife

Analisis Akun ‘Bodong’ yang Bikin Bintang Emon Viral di Twitter

18 June 2020 By
Analisis Akun ‘Bodong’ yang Bikin Bintang Emon Viral di Twitter
Share
Share
Share

(Foto: Instagram/@bintangemon)

Uzone.id -- Belakangan jagat media sosial Indonesia sempat heboh oleh kabar miring yang menyeret nama Bintang Emon, komika stand-up comedy setelah dia mengunggah konten DPO (Dewan Perwakilan Omel-omel) berbau kritik politik. Ternyata, sumber provokasi kabar miring tersebut berasal dari akun bodong.

Semua berawal dari video unggahan Bintang Emon di Instagram berjudul "Ga sengaja" yang mengkritik secara halus tentang pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan pada Jumat (12/6). Tak lama kemudian, Twitter diramaikan oleh isu Bintang Emon yang disebut menggunakan narkoba berupa sabu.

Dari situ, langsung heboh kalau Bintang Emon ini siap dipanggil polisi.

Lantas, kenapa tiba-tiba komika usia 24 tahun ini bisa viral di Twitter? Padahal konten-konten lawakannya berada di Instagram.

Dari analisis yang dipublikasikan Ismail Fahmi, pemilik sistem analisis bernama Drone Emprit yang kerap dijadikan rujukan analisis media sosial, ada pemaparan soal akun-akun pansos yang sengaja melontarkan fitnah terhadap Bintang Emon hingga menjadi viral.

Meski netizen secara umum kerap reaktif dan melabeli oknum tersebut sebagai buzzer, mari kita lihat saja analisis berdasarkan data Drone Emprit.

Baca juga: Viral, Belanja di Indomaret Pakai Drive Thru

Ada grafik tren yang menunjukan soal percakapan seputar Bintang Emon di Twitter pada 15 Juni kemarin yang melambung tinggi. Dari yang dihimpun Drone Emprit, foto yang tampil di puncak pencarian di Twitter adalah dari akun @Hilmi28. Ada beberapa meme yang menuding Bintang Emon memakai sabu dan narkoba.

Kemudian, siapakah yang pertama kali menyebarkan meme sesat tersebut? Ketika dianalisis melalui search raw data dengan kata kunci “sabu” dan “narkoba”, terungkap hanya ada tiga akun yang membuat postingan sama persis, pada menit yang sama.

Akun tersebut menggunakan nama @LintangHanita, @Tiara616xxx, da @LiarAngsa. Secara berurutan, masing-masing follower akun tersebut hanya 2 follower, 9 follower, dan 0 follower.

“Saat masing-masing dieksplor, semua menampilkan 5 postingan yang sama persis dan jam yang sama, antara 22:45 sampai dengan 22:49 WIB,” cuit Ismail.

Dari situ terlihat bahwa ketiga akun tersebut hanyalah akun bodong semata jika melihat dari jumlah follower-nya. Mungkin dijadikan alat untuk menyebarkan konten sesat oleh oknum terselubung, bisa jadi.

(Analisis viralnya "Bintang Emon" di Twitter oleh Drone Emprit/foto: Twitter @ismailfahmi)

Baca juga: Mari Tertawakan Harga Oreo Supreme Sampai Jutaan Rupiah di E-commerce

Ketiga akun tersebut sudah di-suspend, alias ditangguhkan semua, sehingga tidak bisa ditelusuri afiliasi dan historinya lebih jauh.

Ironisnya, meski akun bodong, cuitan sesat tersebut menjadi alasan di balik viralnya Bintang Emon, serta dukungan dari massa netizen Indonesia. Dukungan untuk Bintang Emon pun datang dari figur publik ternama seperti Pandji Pragiwaksono, Ernest Prakasa, hingga Arie Kriting.

Sekarang pembahasan Bintang Emon sudah mereda dan sang komika juga telah mengunggah foto ke Instagram tentang hasil tes urin di sebuah rumah sakit di Jakarta yang menyatakan bahwa dirinya negatif narkoba.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 18 June 2020 | 08:04:33

kudu gimana si salah mulu aduuh

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id