home ×
Gadget

Android 11 Sudah Dirilis, Gimana Nasib Ponsel Huawei P30?

10 September 2020 By
Android 11 Sudah Dirilis, Gimana Nasib Ponsel Huawei P30?
Share
Share
Share
Share

(Huawei P30/Foto: Cnet)

Uzone.id -- Sistem operasi terbaru dari Google, Android 11 sudah resmi dirilis untuk publik pada Rabu (9/9). Dari beberapa ponsel yang sudah siap menerima Android 11, ponsel keluaran Huawei tidak termasuk ke dalam daftar. Padahal beberapa ponsel Huawei masih menggunakan Android, sebelum dilarang.

Kita semua tahu kalau konflik antara Huawei dan pemerintah Amerika Serikat masih saja panas. Pihak AS memblokir kerja sama antara Huawei dengan perusahaan-perusahaan di negaranya karena alasan keamanan. Hal ini yang menjegal kerja sama Huawei dengan Google dan keberlanjutan OS Android serta layanan mobile Google di perangkatnya.

Lantas, apakah ponsel Huawei akan mendapatkan pembaruan Android 11?

Baca juga: 'Perang' Huawei-AS Bisa Berimbas ke MediaTek

Mengutip Android Authority, kemungkinan ada sejumlah ponsel Huawei lawas yang masih kebagian Android 11. Minimal, Huawei P30 dan ponsel-ponsel yang dirilis lebih dulu dipercaya tetap akan mendapatkan Android 11 serta penggunaan layanan mobile Google yang sejak awal memang sudah ada.

Sementara untuk ponsel Huawei yang dirilis setelah Mei 2019 juga bisa saja mendapatkan pembaruan Android 11, namun tetap nihil layanan mobile Google seperti PlayStore, Gmail, YouTube, Maps, dan lainnya. Termasuk Huawei P40 Pro.

Baca juga: Daftar Ponsel yang Kebagian Android 11, dari Asus Sampai Realme

Sementara itu, untuk sub-brand Huawei, yakni Honor, disebut-sebut akan mendapatkan pembaruan tampilan antarmuka bikinannya sendiri, Magic UI dengan Android 11.

Tim Uzone.id sudah menghubungi pihak Huawei Indonesia untuk mendapatkan konfirmasi apakah pengguna ponsel Huawei di sini tetap mendapatkan pembaruan Android 11, namun belum ada jawaban.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article