icon-category Gadget

Android 13 (Go Edition), Ketika Google Bikin 'Ponsel Lemot' Makin Oke

Uzone.id - Google melanjutkan eksistensi sistem operasi Go Edition untuk Android. Merunut dari peluncuran Android 13 pada Agustus lalu, Google resmi menghadirkan Android 13 (Go Edition) untuk smartphone ‘spesifikasi kentang’.

Android versi Go Edition terhitung sudah berusia 5 tahun, tepat sejak Google merilis Android 8.1 Oreo (Go Edition) pada 5 Desember 2017 silam. 

Masih sama seperti sebelumnya, Android 13 (Go Edition) dipergunakan untuk ponsel dengan spesifikasi rendah, RAM dan penyimpanan terbatas dan dijual dengan harga ekstra murah.

Google menyebut, Android 13 (Go Edition) berfokus pada keandalan, kegunaan dan penyesuaian. Pembaruan pada Google Play System juga tersedia untuk perangkat Android Go, sehingga smartphone dapat menerima update penting di luar rilis pembaruan Android yang utama (major update).

Baca juga: 3 Fitur Andalan Android 12L, OS Khusus Ponsel Layar Luas

Seperti OS Android pada umumnya, smartphone dengan Android 13 (Go Edition) sudah didukung fitur Google Discover. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat informasi penting yang telah dikurasi hanya dengan swipe layar ke kiri saja.

Mirip Android stock, tipe Go Edition diluncurkan dengan bahasa desain bernama ‘Material You’. Bisa dibilang, fitur ini bikin smartphone murah Android semakin kelihatan keren dan personal.

Buat kalian yang belum tau, Material You merupakan konsep dimana pengguna dapat menentukan tema ponsel berdasarkan wallpaper yang telah dipasang. Biasanya, sistem akan memberikan empat skema warna berdasarkan wallpaper yang dipindainya.

Baca juga: Aplikasi Dynamic Island 'KW' Populer di Android

Selain membawa beberapa fitur yang disesuaikan untuk pengguna Android Go, Google turut menghadirkan beberapa fitur utama Android 13, seperti Notification Permissions, App language Preferences, dan lainnya.

“Tujuan kami dengan rilis ini adalah untuk mendukung lebih banyak kemungkinan bagi jutaan pemilik Android Go saat ini dan masa mendatang,” jelas Google.

Google juga memastikan, smartphone pertama dengan Android 13 (Go Edition) akan debut perdana di tahun depan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini