home ×
Digilife

Android Things, OS untuk Rumah Pintar yang Tidak Pernah Lepas Landas

18 December 2020 By
Android Things, OS untuk Rumah Pintar yang Tidak Pernah Lepas Landas
Share
Share
Share
Share

Android (Foto: Ist)

Uzone.id - Google berencana mematikan Android Things, sistem operasi Android yang dirancang untuk perangkat rumah pintar. Ya, istilahnya layu sebelum berkembang.

Memang Android Things ini tidak pernah benar-benar diluncurkan, jadi ini tidak terlalu merugikan, namun menambah daftar panjang proyek oleh Google.

Proyek rumah pintar ini dimulai pada tahun 2015 dengan nama Brillo, yang dimaksudkan untuk menyediakan "sistem operasi yang mendasari internet of things."

Baca juga: Samsung Mulai Gulirkan Android 11

Pada tahun 2016, Google mengubah Brillo dan meluncurkan kembali inisiatifnya dengan nama baru Android Things, yang juga dimaksudkan untuk dijalankan pada produk seperti speaker yang terhubung OS, kamera keamanan, dan router.

Dengan mengandalkan Android, OS itu seharusnya sudah tidak asing lagi bagi para pengembang dan mudah untuk memulai. Demikian yang dikutip Uzone.id dari The Verge, Jumat (18/12).

Pada tahun 2018, beberapa speaker pintar awal dan layar pintar keluar menggunakan OS Android Things ini. Sepertinya tidak ada perusahaan lain yang tertarik, karena pada Februari 2019, Google mengumumkan sedang "memfokuskan kembali" Android Things untuk melayani secara khusus speaker pintar dan layar pintar.

Baca juga: Vendor Ponsel ini Sengaja Sisipkan Malware

Hampir dua tahun kemudian, dan Android Things sekarang berada di jalur yang tepat untuk dimatikan. Perangkat Android Things, yang memungkinkan pengembang mendorong pembaruan ke perangkat mereka, akan berhenti menerima proyek non-komersial baru mulai 5 Januari 2021.

Setahun kemudian, pada 5 Januari 2022, konsol akan dinonaktifkan sepenuhnya dan semua data proyek akan dihapus secara permanen. Itu pada dasarnya berarti pengembang memiliki waktu satu tahun untuk menyelesaikan semua proyek Android Things yang telah mereka siapkan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article