home ×
Telco

Antisipasi Corona, Begini Prosedur Kerja Karyawan XL dan Smartfren

16 March 2020 By
Antisipasi Corona, Begini Prosedur Kerja Karyawan XL dan Smartfren
Share
Share
Share

(Ilustrasi karyawan XL Xiata/dok. XL Axiata)

Uzone.id -- Sebagai salah satu negara yang terinfeksi pandemi corona, pemerintah Indonesia mengimbau masyarakat agar menjalankan segala aktivitas dari rumah. Bagaimana dengan perusahaan penyedia operator seperti XL Axiata dan Smartfren Telecom?

Untuk XL sendiri, perusahaan ini mengaku tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan para karyawannya. Sehingga, XL menerapkan berbagai mekanisme dan standar prosedur keselamatan tertentu demi antisipasi tertular dari virus corona.

“Saat ini karyawan masih tetap bekerja seperti biasa, namun kami menerapkan sistem pembagian zona. Ini adalah fase awal dari pola kerja remote working,” ungkap Tri Wahyuningsih selaku Group Head Corporate Communication XL Axiata melalui teks WhatsApp, Senin (16/3).

Baca juga: Kerja di Rumah di Tengah Corona, Ini 4 Layanan Faedah dari Telkom Biar Produktif

Dia melanjutkan, “jadi karyawan hanya diperbolehkan untuk melakukan koordinasi dengan rekan yang berada di dalam zonanya. Selanjutnya untuk melakukan koordinasi dengan tim yang berada di luar zona, bisa pakai fasilitas video call.

Pembagian zona tersebut dilakukan dengan pertimbangan jika ada karyawan XL yang terdampak, maka pola zoning ini memberi kemampuan untuk isolasi dan mengamankan karyawan lainnya. 

“Kami terus memantau perkembangan situasi. Yang utama bagi kami adalah keselamatan seluruh karyawan beserta keluarga,” tutup Tri.

Sedangkan Smartfren mengaku dengan adanya imbauan dari Presiden Joko Widodo untuk bekerja dari rumah (work from home), perusahaan ini menyiapkan jaringan jika ada terjadi peningkatan lonjakan trafik data.

Baca juga: Digirace, Cara XL Axiata Buktikan Kualitas Jaringan Fiber di Luar Jawa

“Kondisi jaringan saat ini masih dalam kondisi normal. Ada kenaikan trafik sekitar 10 sampai 15 persen dari Februari ke Maret, namun masih normal, tak ada antisipasi khusus terkait potensi peningkatan trafik akibat wabah corona,” kata Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys saat dihubungi Uzone.id.

Sementara untuk kegiatan bekerja para karyawan, ia mengatakan masih berjalan normal, di mana karyawan tetap bekerja di kantor, namun akan ada pembahasan lebih lanjut.

“Kemarin hari Sabtu, kantor di Sabang dan BSD baru saja disemprot termasuk spraying, misting, dusting, mopping, fogging. Untuk WFH [work from home] masih dibahas oleh manajemen, sore akan diumumkan keputusannya seperti apa,” tutup Merza.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

4 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DimasHardstyle 16 April 2020 | 13:08:08

keren.semua karyawan xl dan smartfren maupun tri selalu kerja untuk layanannya

DHStyle 14 April 2020 | 11:55:01

semua harus berkerja sama. jangan nongkrong atuhh

Amir Rosyadi 17 March 2020 | 09:10:57

semuanya harus bekerja sama demi mengantisipasi corono

Miskin aman 17 March 2020 | 07:10:49

harus terus tetap stabilkan internet yah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article