icon-category Telco

Apa Kabar 'Suntik Mati' 3G Telkomsel?

  • 15 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Telkomsel menjadi salah satu operator telekomunikasi yang gencar memperluas jaringan 4G di seluruh pelosok Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mematikan 3G sebagaimana amanat dari pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Lalu, sudah sampai mana suntik mati 3G ini?

    Dari penjelasan VP Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono, ia mengaku perusahaan terus konsisten melakukan pemerataan dan akselerasi layanan 4G/LTE melalui pembangunan infrastruktur BTS 4G baru.

    Tak hanya itu, Telkomsel juga melakukan pembangunan BTS USO 4G di wilayah 3T hingga peningkatan atau upgrade layanan 3G ke 4G di 504 kota/kabupaten Indonesia secara bertahap dan terukur sepanjang 2022.

    Baca juga: Jaringan 3G Bakal Tamat, Penggunanya Tinggal Segini

    “Kami langsung menghubungi ke pelanggan yang belum melakukan migrasi ke 4G baik dari sisi device maupun SIM card melalui layanan Robocall. Sosialisasi dilakukan secara intensif kepada pelanggan yang berada di target wilayah yang akan dilakukan upgrade jaringan 3G ke 4G di 86 kota selama Juni 2022,” jelas Saki kepada Uzone.id, Jumat (15/7).

    Ia melanjutkan, “sosialisasi yang kami lakukan juga sudah termasuk imbauan pergantian kartu ke USIM 4G dan mulai menggunakan perangkat yang mendukung 4G.”

    Sementara itu jika melihat dari laman resmi Telkomsel, perusahaan ini akan mematikan jaringan 3G di banyak kota pada 20 Juli 2022.

    Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Operator Sebelum 'Bunuh' 3G

    Mulai dari Sumatra, ada Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Jaya, lalu berlanjut ke Medan, Asahan, Batu Bara, Karo, Toba Samosir. Sementara area Sumatra Barat ada Kota Pariaman, Tanah Datar, yang kemudian berlanjut ke Kepulauan Riau di Tanjung Pinang dan Kuantan Singingi.

    Area Jawa Barat di antaranya Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, dan Kuningan yang terkena dampak pemadaman 3G ini.

    Lalu wilayah Banten terdiri dari Lebak dan Tangerang Selatan. Sedangkan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur yang akan dimatikan 3G-nya adalah Semarang, Solo, Yogyakarta, Madiun, Surabaya, dan Pacitan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini