icon-category Digilife

Apa Saja Fitur Baru yang Hadir di Android 13?

  • 12 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Sumber Foto: TechCrunch

    Uzone.id - Android 13 dengan nickname Tiramisu sudah dirilis dalam versi Beta 2 dalam acara Google I/O 2022, Kamis, 5 Mei 2022. 

    Versi Beta pertama dirilis pada akhir April lalu dan untuk pembaruan selanjutnya, akan diluncurkan pada sekitar bulan Juni mendatang, mengutip GSMArena.

    Ada beberapa pembaruan, peningkatan serta fitur baru yang dihadirkan dalam versi terbaru ini. Google juga merilis pembaruan untuk privasi dan keamanan dalam sistem operasi terbaru mereka.

    Google sendiri mengatakan kalau Android 13 ini akan menyerahkan lebih banyak kendali atas informasi pribadi mereka kepada penggunanya. Pengguna juga bisa mengendalikan lebih rinci soal atas file apa yang boleh dan tidak boleh diakses oleh aplikasi.

    gsmarena_005

    Baca juga: Ada 24 Bahasa Baru di Google Translate, Termasuk Bahasa Kuno

    Alih-alih mengizinkan akses ke file dan juga media, Android 13 Beta 2 ini menghadirkan dua kategori baru, ‘Foto dan Video’ serta ‘Musik dan Audio’.

    Kemudian, yang bikin informasi pengguna lebih aman adalah adanya opsi baru dimana pengguna bisa memilih foto atau video tertentu yang bisa diakses aplikasi. 

    Jadi, nantinya pengguna tidak harus membagikan seluruh perpustakaan media mereka dengan aplikasi tertentu.

    Selanjutnya, ada fitur baru dimana aplikasi harus mendapat izin pengguna ketika ingin mengirim notifikasi. Google juga akan mengurangi aplikasi yang di dalamnya membutuhkan lokasi pengguna. Salah satunya, pengguna tak lagi perlu memberi info lokasi dalam aplikasi ketika mengaktifkan pemindaian Wi-Fi.

    gsmarena_000

    Android 13 Beta 2 juga sudah hadir dengan fitur penghapusan riwayat clipboard secara otomatis untuk mencegah aplikasi mengakses informasi lama yang telah disalin.

    Google juga sedang merencanakan laman pengaturan Keamanan dan Privasi yang memberi indikator yang jelas soal status keamanan lewat kode warna dan juga menawarkan saran untuk meningkatkan keamanan pengguna.

    Baca juga: Android 13 Versi Beta 2 Meluncur, Ponsel Apa Saja yang Kebagian?

    Android 13 juga menyiapkan varian skema warna siap pakai yang bakal diterapkan ke seluruh OS. Google juga menghadirkan tema yang serasi dengan warna ikon dengan pengaktifan ‘Aplikasi bertema’ agar aplikasi cocok dengan warna tema ponsel mereka.

    Ada juga pembaruan kendali media yang mana tampilannya bakal menyesuaikan dengan musik yang didengar pengguna.

    Selanjutnya, Google juga berfokus pada preferensi bahasa yang mana pengguna bisa memilih bahasa yang berbeda untuk tiap aplikasi. Fitur ini bakal berguna sekali untuk orang yang ingin menggunakan bahasa berbeda tergantung situasi tertentu.

    android-13-app-language

    “Misalnya, kalian ingin menikmati media sosial dengan bahasa tertentu, tapi membuka aplikasi lain dengan bahasa yang berbeda,” tulis Google dalam sebuah Blog, dikutip dari TechCrunch.

    “Android 13 membantu kalian menggunakan bahasa dengan lancar seperti yang dilakukan di kehidupan nyata, sehingga kalian bisa memilih preferensi bahasa yang berbeda untuk setiap aplikasi di Pengaturan,” tambah Google.

    Sementara untuk tablet, Google akan memperkenalkan kemampuan multitasking yang lebih baik dengan bilah tugas yang telah diperbarui. Nantinya, bilah tugas ini digunakan untuk mengalihkan tampilan tablet tunggal ke layar terpisah dengan lebih mudah.

    Baca juga: Dear Netflix, Ini Reaksi Segelintir Penggunamu yang Menolak Iklan

    Kemudian, ada juga fitur deteksi telapak tangan untuk mencegah tindakan yang tak diinginkan saat kedua tangan kalian bertumpu di layar. Cocok untuk mereka yang sering menulis dan menggambar menggunakan stylus pen.

    Terakhir, Google juga akan memperbarui lebih dari 20 aplikasinya agar lebih cocok untuk layar yang lebih besar seperti tablet. Aplikasi ini termasuk aplikasi pihak ketiga, seperti TikTok, Facebook, dan Zoom.

    Selain itu, masih banyak fitur yang bakal meluncur di Android 13 ini, seperti fitur yang menciptakan standar modern baru untuk audio dan video seperti video HDR, Audio Spasial dan Bluetooth Low Energy Audio.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini