home ×
Digilife

Apakah Instagram Music Aman dari Pelanggaran Hak Cipta?

23 June 2021 By
Apakah Instagram Music Aman dari Pelanggaran Hak Cipta?
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Instagram mengumumkan dua fitur menyenangkan bagi penggunanya, yaitu Reels dan Instagram Music. Instagram Music telah menyita perhatian dari pengguna Indonesia sejak lama, dan akhirnya kini telah hadir. Lantas, bagaimana cara kerjanya dan apakah aman dari pelanggaran hak cipta?

Instagram memang memiliki peraturan hak cipta yang cukup ketat. Apabila melanggar, maka konten kalian berisiko untuk dihapus atau suara dalam video di-mute. Instagram sendiri memperbolehkan musik live dalam Story dan cuplikan pendek dari lagu.

Baca juga; Cara Pakai Instagram Reels

Kalian tidak perlu khawatir perihal melanggar hak cipta karena Instagram Music, karena Instagram telah berkoordinasi dengan berbagai pihak mengenai hak cipta ini.

Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Konten Hiburan untuk Facebook di Indonesia, menyampaikan bahwa fitur ini disusun dengan segala kompleksitas yang ada.

“Instagram berhasil menjalin kemitraan dengan label musik, artis independen, hingga publishing besar untuk mewujudkan Instagram Music di Indonesia” ungkapnya pada konferensi pers online, Rabu, 23 Juni 2021.

Baca juga: Cara Pakai Instagram Music

Revie juga menjelaskan bahwa seluruh pihak dalam ekosistem Instagram Music akan diuntungkan. Instagram sangat menghargai hak cipta dari para artis dan akan bekerja untuk melindungi ekosistem tersebut.

Apabila hendak meng­upload konten menggunakan lagu, harap perhatikan panduan kebijakan hak cipta Instagram agar konten tidak dihapus.

Cara mengakses Instagram Music adalah melalui menu Story. Buka IG Story kemudian pilih stiker dengan logo ‘Music’, kemudian pilih lagu yang ingin disertakan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id