icon-category Digilife

Aplikasi Andalan Biar Gak Kesiangan Sahur Pertama Ramadan

  • 01 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Lukas Blazek/Unsplash

    Uzone.id - Ramadan hadir hanya satu kali dalam satu tahun, 1 bulan dari 12 bulan yang ada. Meski tiap tahun sering menjalankan ibadah di bulan puasa, tapi tetap saja butuh waktu buat membiasakan kembali dengan momen-momen khas Ramadan.

    Apalagi di awal-awal bulan puasa, kadang siang hari kita kelupaan dan gak sengaja makan atau minum, serta yang sering terjadi adalah lupa hingga kesiangan sahur di hari pertama.

    Ya namanya juga hari perdana ya, selain kesiangan, kadang berat juga untuk melakukan sahur di hari pertama. Nah, teknologi makin canggih tentunya banyak aplikasi berfaedah yang hadir untuk menjawab permasalahan ini.

    Kira-kira, untuk menyambut Bulan Suci Ramadan yang sebentar lagi tiba, apa saja aplikasi yang harus disiapkan biar gak kesiangan saat sahur pertama? Yuk cek list berikut ini.

    Pasang aplikasi audio Adzan, jadwal sahur, imsak, dan buka puasa

    Pertama, tentunya kalian harus menyiapkan aplikasi jadwal buka puasa, sahur, dan imsakiyah yang sesuai dengan jadwal yang ditentukan pemerintah.

    Selain bisa ancang-ancang untuk menjadwalkan agenda makan baik buka ataupun sahur, aplikasi ini bermanfaat sekali ketika kalian tidak bisa mendengar suara pemberitahuan dari pengeras suara di Masjid. 

    Baca juga: Tips Ngabuburit Berfaedah di Spotify: Bikin Playlist Edisi Ramadan

    Beberapa aplikasi yang bisa kalian download di Play Store atau App Store diantaranya, Al-Qur’an Indonesia. Dalam aplikasi ini selain bisa membaca ayat suci Al-Qur’an secara online, kalian bisa mengecek jadwal buka dan imsakiyah, serta bisa mengatur notifikasi agar kalian gak telat saat buka atau sahur. Ditambah, aplikasi ini juga menghadirkan fitur alarm adzan. Cukup komplit, kan?

    Selanjutnya ada aplikasi Umma. Aplikasi ini menghadirkan Al-Qur’an dengan berbagai pilihan bahasa, mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Turki dan lainnya.

    Selain itu, aplikasi ini juga menyesuaikan lokasi dengan pengguna untuk kiblat dan juga jadwal sholat dan imsak agar makin akurat. Ada juga fitur hitung mundur ke waktu sholat selanjutnya, serta audio Adzan. 

    Kemudian ada aplikasi Muslim Pro yang jadi salah satu aplikasi paling populer untuk umat Muslim saat ini. Di dalamnya ada fitur seperti Al-Qur’an dan terjemahannya, serta audionya, kalender hijriyah bahkan menghadirkan fitur lokasi masjid, dan rumah makan Halal.

    Di aplikasi ini juga ada fitur Adzan lengkap dengan pemberitahuan visual dan audio, serta jadwal puasa dan sahur yang sudah disesuaikan dengan lokasi kalian. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini saat menjelang dan saat Ramadan.

    Pasang aplikasi alarm unik dan bikin jengkel

    Ini adalah cara ampuh untuk melek saat pertama kali sahur. Kalian bisa mendownload beberapa aplikasi alarm khusus untuk membangunkan kalian di bulan puasa ini.

    Salah satu tips yang perlu kalian ikuti adalah men-setting alarm setiap 10 menit sekali dengan volume paling tinggi. Kalian juga bisa menggunakan suara-suara menjengkelkan atau suara berisik biar kalian kepaksa bangun. 

    Nah, beberapa aplikasi alarm ini dijamin bisa bikin kalian melek dalam sekejap. Yang pertama adalah aplikasi Shake-it Alarm. Aplikasi alarm anti mainstream ini dijamin bikin kalian bangun dan langsung melek (sekaligus kesal) karena butuh cara khusus untuk mematikannya.

    Baca juga: Tips Aman dari Tukang Tipu Siber yang Manfaatin Momentum Ramadan

    Cocok sekali bagi kalian yang susah bangun karena alarm biasa, beberapa cara mematikan alarm yang ada di aplikasi ini adalah dengan menyelesaikan soal matematika, bermain game, menggoyangkan ponsel (dengan keras), berteriak, menyentuh dengan keras dan cara random nan unik lainnya.

    Selanjutnya ada Alarmy. Aplikasi alarm yang bikin kesal anti mainstream lainnya adalah Alarmy. Sama seperti aplikasi sebelumnya, mematikan alarm ini butuh usaha ekstra sampai kita benar-benar bangun dan melek sepenuhnya.

    Beberapa misi yang harus dilakukan untuk mendiamkan suara alarm ini adalah dengan foto selfie, memecahkan soal matematika, memindai barcode, hingga shake mission atau menggoyangkan smartphone sampai 999 kali.

    Kemudian aplikasi yang tak kalah bikin kesalnya adalah AlarmMon yang terdiri dari berbagai macam alarm, mulai dari alarm nyaring, alarm pelan, alarm dengan permainan, alarm video, alarm suara, alarm dengan lagu idola band dan lainnya. Jika kalian tak bangun-bangun, alarm ini akan terus berbunyi sampai baterai habis.

    Nah kan, aplikasi-aplikasi ini cocok banget buat kalian yang susah bangun meskipun memakai alarm biasa sekalipun. Coba saja pasang saat sahur pertama, dijamin kalian gak bakal kesiangan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini