home ×
Startup

Aplikasi Ini Bikin Karya Digital Jadi NFT, Surga Bagi Seniman

30 March 2021 By
Aplikasi Ini Bikin Karya Digital Jadi NFT, Surga Bagi Seniman
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Tren NFT atau Non-Fungible Token memang sedang naik daun. Mekanisme yang mengubah produk digital menjadi aset yang bisa diperdagangkan dengan Blockchain kini semakin mudah berkat adanya aplikasi bernama S!NG.

S!NG merupakan aplikasi yang bisa membantu penggunanya untuk dengan mudah mendownload file apa saja dari iPhone maupun iCloud untuk mulai dijadikan sebagai aset NFT. Dokumen file-nya bisa berbentuk apa saja, mulai dari gambar atau foto, video, atau audio. Teks sekalipun.

"S!NG bisa menciptakan NFT dalam waktu yang singkat, dan gratis. Di sini pengguna bisa menyimpan NFT mereka sampai menjadi portfolio, kemudian akan kami bantu juga agar bisa tersedia di pasar (marketplace) digital," tulis pengembang S!NG dalam halaman aplikasinya, dilansir melalui BGR, Selasa, 30 Maret 2021.

Baca juga: Elon Musk Sampai Shawn Mendes Ikutan Tren NFT

Salah satu manfaat membuat NFT dan menggunakan aplikasi seperti ini adalah bahwa tidak butuh bantuan hukum. Proses ini lebih baik daripada hak cipta. Pengguna yang mengunggah konten melalui platform ini sama saja dengan membuat 'jejak digital'. Di dalam aplikasi digital itu sudah ada bukti tak terbantahkan bahwa karya tersebut adalah milik kita.

“Bukti ide/karya Anda sebagai rekaman digital dibuat secara instan dan bertahan selamanya.” tulis S!NG.

Saat ini, lanjut S!NG, hampir semua hal yang dibuat, dari irama musik hingga lirik, fotografi sampai puisi, bisa disimpan di S!NG, diatur dalam dompet NFT digital dan didukung oleh blockchain. Apa pun tahapan dari ide itu, dari catatan suara hingga lagu yang sudah jadi, hingga lembaran terpisah, semuanya secara otomatis berubah menjadi NFT hanya dengan satu sentuhan di layar.

Diketahui, NFT memungkinkan para seniman untuk menjual karya digital mereka dengan harga ribuan bahkan jutaan dolar.
Tren ini melanda para miliarder, influencer dan selebritas untuk melelang sejumlah aset dan karya milik mereka. Di antaranya, pemain NFL Rob Gronkowski, rapper Ja Rule, selebritas Lindsay Lohan, dan milyader Mark Cuban.

Baca juga: Pendiri Twitter Lelang Cuitan Pertamanya

CEO Twitter Jack Dorsey menjual tweet pertamanya sebagai NFT dengan harga fantastis Rp35,9 Miliar dan menyumbangkan hasilnya untuk amal. CEO Tesla Elon Musk hampir saja menjual ‘techno song’ miliknya sebagai NFT, tapi ia urungkan karena merasa bukan keputusan yang benar. Sedangkan pacarnya, Grimes sudah menghasilkan jutaan dollar dengan menjual seni kripto.

Miliarder sekaligus bintang "Shark Tank", Mark Cuban menjual satu kutipan motivasinya sebagai NFT yang berbunyi, “Nobody ever changed the world by doing what everyone else was doing - Mark Cuban."

Di industri musik, Rolling Stone melaporkan jika penyanyi muda asal Kanada Shawn Mendes bekerja sama dengan pembuat avatar 2D, Genies, membuat gitar virtual dan ring emas untuk dijual sebagai NFT. Rapper Ja Rule juga melelang lukisan yang pernah digantung di kantor Fyre Media sebagai NFT di platform Flipkick. Ia juga akan menandatangani lukisan ini sebagai bonus untuk pembelinya.

The Kings of Leon merupakan band pertama yang menjual album barunya “When You See Yourself” sebagai NFT. DJ kenamaan Steve Aoki juga mengumumkan koleksi NFT pertamanya dalam sebuah tweet.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article