Digilife

Aplikasi Signal Bersiap Tambahkan Fitur Kirim Uang Kripto

  • 07 April 2021
  • Bagikan :

    Aplikasi Signal (Foto: Bloomberg)

    Uzone.id – Aplikasi Signal menjadi salah satu alternatif untuk berkomunikasi melalui pesan instan, karena janjinya atas enkripsi end-to-end seluruh percakapannya. Ingin lebih dari itu, Signal mengumumkan bahwa mereka sedang menyusun cara untuk menghadirkan kemudahan dan keamanan bagi penggunanya melalui fitur baru: pembayaran cryptocurrency.

    Signal merilis bahwa mereka sekarang sedang menguji sistem pembayaran peer-to-peer baru dalam versi beta aplikasinya.  tersebut baru tersedia di Britania Raya dan memiliki nama “Signal Payments”.

    Baca juga: Mark Zuckerberg Ketahuan Pakai Aplikasi Sinyal

    “Fitur pembayaran tersebut untuk saat ini baru mendukung satu protokol yaitu dompet MobileCoin yang memiliki kurs sendiri bernama MOB” tulis Jun Harada, kepala Head of Growth and Communication dari Signal pada blog­ Signal.

    Pengguna tidak perlu khawatir akan keamanan karena Signal menjanjikan perlindungan data yang ketat. Berbeda dari WhatsApp atau iMessage yang biasanya menghubungkan rekening bank pengguna dengan aplikasinya, Signal tidak akan mengambil langkah tersebut.

    Signal ingin menyediakan cara mengirim uang yang hanya penerima dan pengirim dapat akses detail transaksinya.

    Baca juga: FBI Bisa Bongkar Enkripsi Signal

    “Seperti biasa, tujuan kami adalah untuk menyimpan seluruh data di tangan anda, daripada di tangan kami. Desain dari MobileCoin menandakan bahwa Signal tidak akan memiliki akses ke jumlah saldo, sejarah transaksi atau dana pengguna” lengkapnya, seperti dikutip Uzone.id, Rabu (7/4).

    Penemu MobileCoin, Josh Goldbard juga menjelaskan bahwa pengiriman cryptocurrency banyak yang memakan waktu seperti pembayaran melalui Zcash atau Monero. MobileCoin menawarkan pembayaran cryptocurrency secara cepat layaknya mengirim uang melalui Venmo.

    MobileCoin sendiri memiliki tantangannya sendiri karena tidak semua toko atau layanan menerima MobileCoin sebagai layanan pembayaran.

    Kemungkinan besar pengguna masih harus menggunakan cara tradisional yaitu mencairkan uang ke bentuk fisik atau transfer ke bank untuk menghabiskan MobileCoin yang mereka miliki.