icon-category Digilife

Aplikasi 'Tiruan BeReal', TikTok Now Resmi Meluncur di Indonesia

  • 21 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Olivier Bergeron/Unsplash

    Uzone.id - Setelah lebih dulu hadir untuk pengguna di Amerika Serikat (AS), akhirnya warganet Indonesia sudah bisa merasakan aplikasi terbaru TikTok Now. Aplikasi ini berbeda dengan TikTok yang biasa, terutama pada durasi dan jumlah konten yang diunggah tiap harinya.

    TikTok Now kurang lebih mirip dengan aplikasi BeReal, aplikasi sosial media yang akhir-akhir ini menarik perhatian warganet. 

    TikTok Now dirancang dengan mempertimbangkan keamanan dan privasi komunitas TikTok, membuat para kreator memegang kendali untuk memutuskan siapa yang dapat melihat atau terlibat di konten mereka. 

    Di Indonesia, TikTok Now dapat diunduh secara terpisah di App Store dan Google Play Store. Sementara itu, di beberapa negara TikTok Now hadir sebagai aplikasi in-app dan terintegrasi dengan aplikasi utama TikTok.

    TikTok Now akan memunculkan notifikasi permintaan kepada pengguna untuk mengunggah foto atau merekam video berdurasi 10 detik setiap harinya. Namun, perlu dicatat kalau TikTok Now hanya bisa mengunggah satu konten dalam satu hari saja.

    “TikTok Now merupakan cara terbaru untuk terhibur dan terhubung dengan sesama komunitas di TikTok, sebuah pengalaman yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan video setiap harinya untuk berbagi momen autentiknya dengan orang-orang yang paling berarti,” tulis TikTok Indonesia dalam keterangannya, Senin (19/09).

    Beberapa fitur yang hadir dalam TikTok now adalah kemampuan kreator untuk memblokir orang lain dan memilih komentar mana yang muncul di konten mereka. Jika seseorang menemukan perilaku yang mereka yakini melanggar Panduan Komunitas TikTok, mereka dapat melaporkannya untuk ditinjau.

    Baca juga: Ada Lagi TikTok Now, Fitur yang Jiplak Aplikasi BeReal

    Selain itu, TikTok Now juga mengedepankan keselamatan dan keamanan penggunanya.

    Yang pertama, sama seperti TikTok biasa, TikTok Now akan mengatur akun pengguna berusia dibawah 16 tahun menjadi akun private secara default.

    Pengguna dibawah 18 tahun tidak akan bisa membagikan konten mereka di laman Explore. Pengguna berusia 13 sampai 15 akan memiliki opsi komentar "Hanya untuk Teman" untuk melindungi pengguna dari interaksi yang tidak diinginkan.

    Pengguna berusia 18 tahun keatas akan mendapat opsi tambahan berupa berbagi postingan ke komunitas tiktok yang lebih luas berdasarkan pengaturan privasi yang mereka pilih sebelumnya.

    Untuk mengubah pengaturan privasi, kalian cukup membuka opsi Teman dapat melihat lalu pilih siapa yang ingin kalian izinkan untuk melihat unggahan TikTok Now.

    Kalian bisa mengunduh aplikasi TikTok now lewat link ini untuk Android dan link ini untuk iOS.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini