icon-category Startup

Aplikasi Tokopedia dan Gojek Rilis Fitur Khusus Ramah Buta Warna

  • 01 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Tokopedia, Gojek dan Gopay merilis fitur baru yang diperuntukkan bagi penyandang buta warna atau penyandang defisiensi penglihatan warna.

Fitur baru ini dihadirkan untuk membantu pengguna dengan defisiensi penglihatan warna untuk memilih mode tampilan saat menggunakan aplikasi Gojek, Tokopedia dan Gopay.

Nantinya, fitur ini akan menyesuaikan warna layar dan menciptakan kontras yang lebih tinggi antara teks dan latar belakang. Fungsi lainnya adalah untuk meningkatkan keterbacaan dan mengurangi ketegangan mata khususnya di lingkungan terang.

Menurut Head of Sustainability Grup GoTo Tanah Sullivan, fitur ini sesuai dengan standar kontras AAA yang merupakan standar aksesibilitas tertinggi dari Web Content Accessibility Guidelines (WCAG).

Berikut beberapa fitur ramah penyandang buta warna yang disediakan oleh Gojek, Tokopedia dan Gopay.

  • Aplikasi Gojek menyediakan mode high contrast bagi penyandang buta warna total atau monokromasi
  • Aplikasi dan web Tokopedia menyediakan opsi mode Protanopia, Deuteranopia, dan Tritanopia bagi seseorang yang kesulitan untuk membedakan warna merah, hijau, biru dan kuning.
  • Aplikasi Gopay juga menghadirkan mode tampilan warna terang dan gelap untuk kenyamanan pengguna.

Fitur-fitur ini sudah tersedia untuk pengguna iOS dan akan secara bertahap untuk pengguna Android. Untuk mengaktifkan fitur-fitur ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Di aplikasi Gojek

  1. Pastikan aplikasi Gojek yang kalian gunakan merupakan versi terbaru atau v4.79.0 di iOS
  2. Klik tombol Profil di bagian kanan atas 
  3. Pilih Aksesibilitas lalu klik Kontras
  4. Akan ada 3 pilihan tampilan, yaitu Default, Peningkatan Kontras (increased contrast), dan Sesuai Pengaturan Perangkat (use device setting).
  5. Jika kalian kesulitan membedakan warna, pilih opsi Peningkatan Contrast 
  6. Tutup aplikasi lalu buka kembali untuk melihat perubahan.

alt-img

Di aplikasi Tokopedia

  1. Klik ikon garis tiga yang ada di bagian kanan atas layar atau klik pengaturan
  2. Pilih Pengaturan Aplikasi
  3. Klik Mode Tampilan
  4. Lalu pilih salah satu dari empat mode yang disediakan: Light Mode, Dark Mode, Protanopia dan Deuteranopia, dan Tritanopia.
  5. Selanjutnya, tutup lalu buka kembali aplikasi untuk melihat perubahan.

alt-img

Di Tokopedia versi web, kalian bisa mendapatkan fitur ini di Profil yang ada di ujung kanan atas layar, lalu pilih Pengaturan dan Mode Tampilan.

Fitur ini ini dirilis menjelang Hari Penyandang Disabilitas Internasional sekaligus mewujudkan komitmen GoTo untuk menyediakan ekosistem digital inklusif bagi pengguna aplikasi secara luas, sebagai bagian dari Komitmen Keberlanjutan Tiga Nol Perseroan.

“Peluncuran fitur ramah penyandang defisiensi penglihatan warna di aplikasi Gojek, dan aplikasi maupun situs web Tokopedia, serta desain aplikasi GoPay sesuai dengan standar aksesibilitas internasional, merupakan bagian dari perwujudan upaya GoTo. Kami harap fitur inklusif ini dapat membantu lebih banyak masyarakat dan makin menghilangkan hambatan bagi pengguna aplikasi,” kata Herman Widjaja, Chief Technology Officer Grup GoTo, Rabu, (29/11).

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini