icon-category Telco

Apple Mau Buka Developer Academy di Bali, Bakal Diresmikan Tim Cook?

Bagikan :

Uzone.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengungkap rencana Apple yang akan membuka Apple Developer Academy keempat di Indonesia yang berlokasi di Pulau Bali. 

“Ini rencananya mau (buka) di Bali, yang keempat,” katanya, saat berkunjung ke Apple Developer Academy di BSD, Tangerang Selatan, Selasa (26/3).

Menurutnya, kehadiran Apple Developer Academy bisa membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terutama talenta digital yang akan berguna bagi masyarakat Indoensia ke depannya. 

“Buat kami, apapun untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kita harus dukung, karena SDM yang paling penting, Di seluruh dunia dalam pertarungan ini sumber daya manusia yang paling penting,” tegas Budi.

Lebih lanjut, Budi sedikit menjelaskan kalau Apple Developer Academy menganut metode pembelajaran challenge based learning atau CBL. Konsep ini melatih anak-anak muda agar siap menghadapi berbagai tantangan dengan mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya lewat solusi-solusi berbasis teknologi. 

alt-img

“Kalau sumber daya manusianya hebat-hebat, bagus-bagus, nanti kan akan menentukan penguatan masyarakat digital. Saya berharap, kita jangan hanya jadi pengguna, harus jadi penggagas, pendorong juga,” ucap Budi.

“Jadi challenge based learning seperti dikasih tantangan, mereka bisa ngebuat ini gak?” sambungnya.

Diklaimnya, Apple Developer Academy telah meluluskan 400 orang per tahun dari puluhan ribu siswa-siswi yang mendaftar. Kebanyakan dari mereka diterima dengan baik di perusahaan-perusahaan besar, salah satunya industri perbankan.

“Tadi perwakilan Apple bilang ke saya, lulusannya banyak diterima di mana-mana. Sekarang sudah kerja di semua bank di Indonesia. Bukan persoalan kerja di mana, tapi skill-nya yang dibutuhkan,” pungkas Budi.

Saat ini, Apple telah memiliki tiga Developer Academy di Indonesia. Pusat pengembangan talenta digital itu sudah beroperasi di BSD, lokasinya ada di BSD Green Office Park 9, kemudian di Surabaya yang terletak di Universitas Ciputra, dan Nongsa Digital Park di Kota Batam.

Sementara di Bali, Budi belum merinci lokasi persisnya, demikian juga kapan akademi Apple tersebut resmi beroperasi. Kalau boleh berharap, bisa saja Apple Developer Academy di Bali akan diresmikan langsung oleh big boss Apple, Tim Cook.

Secara, Budi sempat membeberkan rencana kunjungan bos raksasa teknologi Apple, Tim Cook ke Indonesia pada 20 April 2024 mendatang.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini