home ×
Auto

Apple Siap Gelontorkan Rp50 Triliun ke KIA buat Apple Car

05 February 2021 By
Apple Siap Gelontorkan Rp50 Triliun ke KIA buat Apple Car
Share
Share
Share
Share

Foto: Heather Seaglunker (Pinterest)

Uzone.id – Akhirnya ada titik terang soal kabar pembuatan mobil listrik milik Apple yang saat ini dinamai Apple Car, atau pihak internal Apple menyebut proyek ini dengan nama ‘The Titan’. Kabar terakhir yang beredar sebelumnya masih membahas seputar peralihan produksi yang tadinya terjadi antara Apple dan Hyundai, namun beralih ke anak perusahaan Hyundai yaitu KIA.

Baik pihak Apple ataupun KIA saat itu menolak memberikan komentar, namun kali ini kabar terbaru menyebut kalau kerja sama proyek Apple Car sudah memasuki babak baru dengan beberapa kesepakatan dalam proses pembuatannya, termasuk dana yang disetujui hingga lokasi pembuatan dari mobil listrik itu sendiri.

Baca juga: Apple Gaet KIA untuk Produksi Mobil Listrik

Menurut laporan dari surat kabar Korea Selatan, The Dong-A Ilbo, seorang narasumber yang dirahasiakan identitasnya mengonfirmasi bahwa Apple bakal menginvestikan dana sebesar USD3,6 Miliar (Rp50 Triliun) ke pihak KIA Motors dalam kerja sama ini.

Sebagian dana tersebut nantinya akan dipakai guna membuat fasillitas eksklusif untuk pembuatan Apple Car, fasilitas tersebut kabarnya akan dibangun di pabrik KIA yang berlokasi di West Point, Georgia, yang saat ini menjadi pusat produksi dari mobil SUV Telluride besutan KIA. Masih dari laporan yang sama, disebutkan kalau baik KIA dan Apple akan menandatangani kesepakatan secara resmi pada 17 Februari 2021.

Sama seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Apple Car direncanakan meluncur di tahun 2024 dengan target awal produksi sebanyak 100 ribu unit per tahun, namun tidak menutup kemungkinan kalau target produksi tersebut akan ditingkatkan menjadi 400 ribu unit.

Sampai saat ini belum ada info lebih jauh soal detail dan spesifikasi dari Apple Car yang akan hadir, namun analis terkenal Apple yaitu Ming-Chi Kuo mengungkap kemungkinan spesifikasi kendaraan tersebut.

Kuo menyebut kalau mobil listrik Apple akan memiliki jangkauan lebih dari 300 mil dengan muatan penuh, sedangkan untuk kecepatan diprediksi kalau Apple Car akan memiliki kecepatan tertinggi sampai 160Mph (257Km/jam). Masih menurut Kuo, spesifikasi tersebut merupakan spesifikasi yang dimiliki untuk tipe tertinggi, yang berarti setidaknya akan ada lebih dari satu model Apple Car yang akan dihadirkan.

VIDEO: Suzuki Carry Minibus Review, Ternyata Bisa Mewah & Lega

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id