icon-category Gadget

Apple Watch dan MacBook Terbaru Bakal "Made in Vietnam"

  • 21 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Apple Watch dan MacBook generasi terbaru yang kalian beli nantinya, mungkin bakal dilabeli ‘Made in Vietnam’ alih-alih ‘Made in China’. Dari laporan terbaru yang dipublikasi Nikkei Asia, pemasok Apple saat ini sedang membicarakan kemungkinan memindahkan produksi kedua perangkat tersebut ke Vietnam untuk pertama kalinya.

    Hal ini dilakukan Apple untuk mengurangi ketergantungan perusahaan kepada China. Apalagi, saat ini perusahaan asal Cupertino tersebut berada di tengah ketegangan perdagangan antara Amerika dan China.

    Selain itu, pemindahan produksi Apple Watch dan MacBook dilakukan untuk mengatasi gangguan rantai pasokan yang bermasalah akibat lockdown pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Negeri Tirai Bambu.

    "AirPods, Apple Watch, HomePod, dan lainnya... Apple memiliki rencana besar di Vietnam, selain dari manufaktur iPhone," lapor Nikkei Asia dari sumber yang tidak disebutkan namanya. 

    Baca juga: Karyawan Apple Terancam Dipecat Gara-gara Video TikToknya Viral

    Untuk memuluskan rencana ini, komponen untuk Apple MacBook sudah lebih termodulasi daripada sebelumnya. Alhasil, proses perakitan di luar China bisa jauh lebih mudah. 

    Namun, sumber tersebut menyebut bahwa ada tantangan lain yang harus dihadapi oleh Apple. Tantangan yang dimaksud adalah segi biaya yang harus dibuat se-kompetitif mungkin. 

    "Tetapi bagaimana membuatnya kompetitif dari segi biaya adalah tantangan lain," tulis Nikkei Asia.

    Berbeda dengan MacBook, produksi Apple Watch generasi terbaru mungkin bakal lebih sulit kendati rantai pasokan yang dibutuhkan lebih kecil ketimbang MacBook yang butuh ‘pemain besar’.

    Fasilitas manufaktur Apple Watch pun harus sangat presisi. Agar tak gagal, pemasok Apple dari China Luxshare Precision Industry dan Foxconn yang berbasis di Taiwan telah memulai uji produksi Apple Watch di Vietnam Utara.

    “Manufaktur yang presisi akan dilihat sebagai kemenangan signifikan bagi Vietnam dalam upaya negara itu untuk meningkatkan manufaktur teknologinya,” jelas Nikkei Asia.

    Baca juga: Hari Kelahiran iPhone 14 Bakal Digelar Apple 7 September?

    Strategi diversifikasi produk ini juga dilakukan Apple ke negara lain, seperti India. Sebagai pasar smartphone terbesar kedua di dunia, India turut memproduksi iPhone 13 di awal tahun ini. Rencana mendatang, negara tersebut digadang-gadang juga akan merakit tablet iPad. 

    Bersama dengan Meksiko dan Vietnam, mereka bersama-sama mencoba mendiversifikasi produksi dari China. Namun, sejauh ini pihak Apple, Foxconn dan Luxshare Precision belum memberi tanggapan apapun terkait hal tersebut. 

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini