home ×
Gadget

Apple Watch Dapat Deteksi Dini Covid-19

11 February 2021 By
Apple Watch Dapat Deteksi Dini Covid-19
Share
Share
Share
Share

Uzone.id – Sebuah studi terbaru di dalam “Journal of Medical Internet Research” oleh peneliti Mount Sinai menemukan bahwa gadget yang dapat dipakai, khususnya Apple Watch dapat memprediksi diagnosa positif Covid-19 secara efektif.

Prediksi ini bahkan dapat diketahui seminggu sebelum hasil tes PCR swab sang pengguna keluar.

Studi tersebut yang berjudul “Warrior Watch Study” menggunakan sebuah Apple Watch dan aplikasi Warrior Watch di iPhone.

Partisipan studi tersebut adalah karyawan Mount Sinai. Partisipan diminta untuk menggunakan aplikasi Warrior Watch untuk mengawasi gejala pribadi dan mengumpulkan data kesehatan harian. Demikian yang dikutip dari Ubergizmo, Kamis (11/2).

Baca juga: Alat Deteksi Covid-19 dari Ketiak

Kemudian para partisipan diminta untuk mengisi survey tiap harinya agar data akurat mengenai potensi gejala Covid-19 dapat diketahui. Pengumpulan data meliputi ratusan partisipan, di mulai dari bulan April hingga September 2020.

Informasi yang menjadi pusat perhatian peneliti adalah Variabilitas Denyut Jantung (HRV). HRV merupakan indikator ketengangan pada sistem saraf seseorang. Informasi ini digabungkan dengan informasi seputar gejala yang dilaporkan terkait dengan Covid-19, termasuk demam, nyeri, batuk kering, masalah gastrointestinal, hilangnya rasa dan bau, dan lain-lain.

Baca juga: Ramalan Bill Gates: Ada Dua Bencana Besar

Warrior Watch Study ini tidak hanya dapat memprediksi infeksi seminggu sebelum tes resmi Covid-19, tetapi juga dapat mengungkapkan bahwa pola HRV partisipan menjadi normal dengan cepat setelah diagnosis mereka. Pola ini kembali normal kira-kira satu hingga dua minggu setelah tes positif mereka.

Apabila terdapat situasi berisiko tinggi, penyebaran Covid-19 dapat dicegah karena sudah dicurigai positif berdasarkan Warrior Watch ini. Kedepannya, para peneliti akan memeriksa perangkat lain yang kemungkinan dapat berfungsi layaknya Apple watch untuk memprediksi Covid-19.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article