home ×
Digilife

i-nose c-19 Buatan ITS, Deteksi Covid-19 Lewat Bau Keringat Ketiak

08 February 2021 By
i-nose c-19 Buatan ITS, Deteksi Covid-19 Lewat Bau Keringat Ketiak
Share
Share
Share
Share

i-nose c-19 saat memeriksa seorang panitia ILITS (Foto: ITS)

Uzone.id - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Surabaya, Jawa Timur, telah menciptakan mesin pendeteksi Covid-19 yang diberi nama i-nose c-19.

i-nose c-19 merupakan karya guru besar ITS, Prof DrsEc Ir Riyanarto Sarno MSc PhD.

Dengan adanya alat i-nose c-19 yang mudah digunakan serta memiliki tingkat akurasi sebesar minimum 90 persen.

Seperti diketahui, i-nose c-19 bekerja dengan mengambil sampel dari bau keringat ketiak (axillary sweat odor) seseorang, setelah didapatkan sampelnya bau akan diubah menjadi sinyal listrik kemudian diklasifikasikan oleh artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

BACA JUGA: Kena Reshuffle Menteri, Wishnutama Kembali Jabat Komisaris Tokopedia

Rangkaian alat tes sederhana dari i-nose c-19 terdapat alat mirip selang yang memiliki lingkaran di ujung. Kemudian, menjepit ujungnya di dekat ketiak seperti memakai termometer.

Sistem selanjutnya akan mulai mendeteksi kesehatan pengguna. Setelah tiga sampai lima menit proses deteksi berlangsung, pengguna akan menerima pesan pemberitahuan mengenai hasil tesnya melalui aplikasi perpesanan Whatsapp.

“Sebelum tes, kami diminta untuk mengumpulkan KTP dan nomor telepon untuk kepentingan pengumpulan data,” tutur Auliansyah Rizki Teknikade, mahasiswa angkatan 2019, seperti dilansir Uzone.id dari situs resmi ITS.

i-nose c-19 sempat diuji coba kepada para panitia acara Ini Lho ITS! (ILITS) 2021 yang digelar di Surabaya pada 6-7 Februari 2021.

Saat itu, menurut Auliansyah, sebanyak 42 orang panitia ILITS yang hadir semuanya dinyatakan sehat dan tidak terpapar Covid-19.

“Menggunakan i-nose c-19 merupakan pengalaman baru yang keren dan menarik. Ikut bangga juga menggunakan alat ciptaan bangsa sendiri,” kata mahasiswa asal Yogyakarta itu.

 

VIDEO Realme Watch S Pro Review, Sejutaan Bisa Mantau Covid

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article