icon-category Gadget

Apple, Xiaomi dkk Minggir Dulu, Samsung Jadi Raja Pasar Ponsel 2022

  • 19 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Babak Habibi/Unsplash

Uzone.id – Tahun 2022 menjadi tahun penuh tantangan bagi industri teknologi, tak terkecuali brand smartphone. 

Di tahun 2022 kuartal akhir saja, pangsa pasar smartphone turun hingga 17 persen, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk naiknya harga komponen, masalah geopolitik, dan juga rantai pasokan.

Begitupun di tahun 2023 yang masih diprediksi takkan memberikan perubahan, justru diprediksi akan tetap datar karena adanya resesi ekonomi global.

Samsung dan Apple menjadi dua brand yang masih mendominasi selama 2022, bahkan dua brand ini berhasil menaikkan pangsa pasar disaat brand lain merosot.

Baca juga: Dear Fanboy, Siapkan Rp9 Jutaan buat Mac Mini dengan Chip M2

Dari brand-brand smartphone yang ada, Samsung berhasil menjadi raja smartphone 2022 dengan kenaikan sebesar 2 persen dari tahun sebelumnya menjadi 22 persen.

Apple juga meningkat sebesar 2 persen, dari 17 persen menjadi 19 persen di tahun 2022. Walaupun Samsung menguasai tahun 2022, Apple berhasil mencuri posisi di kuartal terakhir berkat kehadiran iPhone 14 dengan pangsa pasar 25 persen.

Ketika Samsung dan Apple cukup stabil di tahun 2022, nasib kurang mengenakkan justru dirasakan oleh brand-brand smartphone dari China, pangsa pasar Xiaomi menurun sebesar 1 persen dibanding tahun 2021.

Hal ini disebabkan adanya masalah penggelapan pajak di India, selanjutnya, Oppo dan Vivo berada di posisi ke 4 dan 5 dengan pangsa pasar yang sama yaitu 9 persen. Pangsa pasar Oppo menurun 2 persen dari 11 persen menjadi 9 persen, dan Vivo menurun dari 10 persen menjadi 9 persen.

Baca juga: Apple MacBook Pro Pakai Chip M2 Pro dan M2 Max, Harga Mulai Rp30 Jutaan

Di tahun ini, brand-brand smartphone kemungkinan akan memfokuskan diri untuk terus berhati-hati dan fokus pada profitabilitas, serta mengurangi biaya produksi.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini