icon-category Gadget

Dear Fanboy, Siapkan Rp9 Jutaan buat Mac Mini dengan Chip M2

Uzone.id - Bukan cuma MacBook Pro generasi terbaru dengan prosesor M2 Pro dan M2 Max yang lebih kencang, Apple juga turut merilis PC desktop Mac Mini dengan chipset yang tak kalah ngebutnya.

Memang tak ada varian dengan prosesor M2 Max, tapi ditopang oleh chip M2 dan M2 Pro, sudah lebih dari cukup bagi komputer Mac Mini dengan form factor super ringkas ini.

“Dengan kemampuan luar biasa dan beragam konektivitas dalam desainnya yang ringkas, Mac Mini digunakan di banyak tempat, dengan berbagai cara,” ucap Greg Joswiak, Apple Senior VP of Worldwide Marketing.

Greg menjelaskan, Mac Mini dengan prosesor M2 generasi terbaru memberikan kinerja yang lebih cepat dengan efisiensi daya yang lebih baik. Keduanya pun dibekali dengan sistem termal yang canggih untuk kinerja yang stabil sepanjang waktu.

“Bagi pengguna yang membutuhkan kinerja profesional yang tangguh, Mac Mini dengan M2 Pro tidak seperti desktop lain di kelasnya,” jelasnya.

Mac Mini dengan prosesor Apple M2 mempunyai konfigurasi 8-core CPU dan 10-core GPU, yang dipadukan dengan unified memory sampai 24 GB dengan bandwidth sampai 100 GB/s.

Baca juga: Apple MacBook Pro Pakai Chip M2 Pro dan M2 Max, Harga Mulai Rp30 Jutaan

Berkat dapur pacu yang cepat, aktivitas seperti pengeditan gambar dengan Adobe Photoshop bisa lebih cepat hingga 50 persen daripada generasi sebelumnya. Dengan M2 juga, Mac Mini kini memiliki kemampuan ProRes, sehingga tugas berat seperti mengedit video di Final Cut Pro menjadi dua kali lebih cepat.

‘Hanya’ dengan Apple M2 saja, Apple mengklaim kalau Mac Mini 5 kali lebih cepat kinerjanya dibanding PC desktop berbasis Windows paling laris saat ini, meski Apple tak menyebutkan apa PC desktop yang dimaksud.

Tipe Mac Mini dengan M2 Pro jauh lebih gahar, bahkan dua kali lipat lebih kencang ketimbang varian dengan Apple M2. 

Unified memory yang didukungnya hingga 32 GB, ditambah dengan chip neural engine generasi terbaru dengan 15,8 TOPS (Trillions Operations per Second) atau 40 persen lebih cepat dari generasi terdahulu.

Kalau dibandingin dengan PC desktop berbasis Intel, Apple mengklaim kalau performa Mac Mini dengan M2 Pro lebih cepat 14 kali.

Fitur lainnya, Apple Mac Mini sudah mendukung WiFI 6E, dimana varian dengan M2 Pro sudah didukung port HDMI 2.1. Juga, terdapat 4 port dengan dukungan Thunderbolt 4 pada M2 Pro dan 2 port saja di varian M2.

Baca juga: Spesifikasi M2 Pro dan M2 Max, Chipset Terkencang Apple Saat Ini

Apple Mac Mini sudah bisa dipesan per 17 Januari 2023 secara online di situs resmi Apple dan Apple Store di 27 negara tertentu, termasuk Amerika Serikat (AS). Untuk ketersediaan, Mac Mini dapat dibeli pada 24 Januari mendatang.

Soal harga, Apple Mac Mini dengan M2 dijual dengan harga USD599 atau Rp9 jutaan untuk varian terendah dengan unified memory 8 GB dan SSD 256 GB dan USD799 atau Rp12 jutaan untuk unified memory 8 GB dan SSD 512 GB. Sementara Mac Mini dengan M2 Pro dibanderol mulai USD1.299 atau Rp19,5 jutaan, dengan unified memory 16 GB dan SSD 512 GB.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini