icon-category Auto

Aprilia Pamer Motor Listrik Electrica, Gayanya Khas Supermoto

Uzone.id - Aprilia ikutan untuk meramaikan industri motor listrik dunia. Pabrikan asal Italia tersebut dikabarkan sedang mengembangkan motor listrik bernama Electrica.

Terasa wajar melihat Aprilia mulai fokus ke ranah ini, lantaran Piaggio Group yang menjadi perusahaan induknya memang sangat serius menggarap motor listrik.

Faktanya, Piaggio sudah mengembangkan motor bertenaga elektrik sejak 50 tahun yang lalu dan kemudian meluncurkan skuter hybrid pertama di dunia bernama MP3 Hybrid pada tahun 2009.

“Proyek Electrica menggunakan semua pengetahuan yang tersedia dari Piaggio Group, yang telah mengerjakan propulsi listrik sejak 1975,” ucap Aprilia.

Baca juga: Ogah Pakai Mobil karena BBM Mahal, Aprilia SR GT 200 Bisa Jadi Pilihan

Aprilia Electrica punya bentuk yang cukup sangar, konsepnya naked bike khas rancangan Aprilia, tapi berpenampilan layaknya supermoto dengan form factor yang lebih kecil.

Di bagian sampingnya terdapat huruf ‘A’ besar, kemudian bodywork di bagian depan sekitar triple clamp dibuat mirip Aprilia Tuono, serta di bagian ekornya pun agak mirip dengan RSV4.

Dikutip dari Visord, Aprilia Electrica punya ketinggian jok yang lebih rendah, sehingga membuatnya mudah dipakai oleh lebih banyak orang. 

Aprilia menyebut, fitur ini memungkinkan orang-orang yang biasa menggunakan skuter, dapat mengendarai motor naked bike secara lebih luwes, tanpa merasa kesulitan sama sekali.

Fitur lainnya, Electrica juga mengusung riding assist dan panel instrumen berjenis LCD. Terlihat dari foto konsepnya, Aprilia Electrica digerakkan oleh rantai ke roda belakang, sehingga posisi motor atau dinamo listriknya berada di tengah-tengah.

Baca juga: Toyota Berani ‘Bermain’ Harga Mobil Listrik, Karena Pede Nama Besarnya

Baterai motor ini juga kemungkinan bisa ditukar saat kehabisan daya, memungkinkan pemakaian yang efisien tanpa harus menunggu waktu pengisian baterai yang lama. Alasannya, Piaggio Group selaku induk Aprilia merupakan salah satu dari empat anggota pendiri Swappable Batteries Motorcycle Consortium (SBMC).

Hingga kini, belum ada informasi spesifikasi teknis dan kapan Aprilia Electrica akan diproduksi secara massal. Namun setidaknya, era motor listrik telah dimulai dengan mulai ramainya persaingan di segmen ini di pasaran, tak terkecuali Indonesia.

VIDEO Review Toyota bZ4X, Calon Mobil Listrik Terlaris:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini