icon-category Digilife

Sukses ASO Tahap 1, 3 Kanal TVRI Sudah Hadir di TV Digital

  • 01 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Diego Gonzalez/Unsplash

    Uzone.id - Pemadaman TV Analog atau (Analog Switch Off) Tahap Pertama sudah hampir selesai secara keseluruhan di 8 wilayah tepat pada 30 April 2022 pukul 00.00.

    Dalam konferensi virtual yang digelar Kominfo, Minggu, (01/05/2022), Kominfo memberikan update terbaru mengenai perkembangan pemadaman TV Analog tahap pertama ini.

    Menurut Staf Khusus Menkominfo Rosarita Niken Widiastuti, keseluruhan ekosistem di wilayah-wilayah ini sudah 100 persen selesai, baik infrastruktur maupun setup box khususnya untuk rumah tangga miskin.

    Hingga sore ini, untuk wilayah Riau 4 (Bengkalis, Meranti dan Dumai), yang awalnya hanya bisa menonton TVRI lokal dan TV Bengkalis di TV Analog, kini sudah bisa menonton TVRI Nasional, TVRI World dan TVRI Sport di TV Digital.

    Baca juga: Detail Tahap I Pemadaman TV Analog, Daerah Kamu Kapan?

    Kemudian di wilayah NTT 3 (Timor Tengah Utara, Belu, dan Malaka), yang semula hanya bisa menonton TVRI lokal dan LPP TV di TV Analog, kini sudah bisa menonton TVRI Nasional, TVRI World dan TVRI Sport di TV Digital.

    Selanjutnya di Papua Barat (Sorong dan Kota Sorong), semula hanya bisa menyaksikan siaran Analog TVRI Lokal dan Kompas TV,  kini sudah bisa menonton TVRI Nasional, TVRI World dan TVRI Sport di TV Digital.

    Sementara itu, untuk TV daerah dan juga Kompas TV kini sedang dalam proses tindak lanjut ke siaran TV Digital. Sedangkan untuk TV swasta, saat ini belum hadir untuk TV Digital kecuali TV swasta Kompas TV yang hadir di Sorong.

    Untuk sementara kanal TV yang tersedia adalah TVRI Nasional, TVRI World dan juga TVRI Sport.

    Sementara itu, pembagian Setup Box gratis yang disediakan oleh pemerintah dibantu oleh PT Pos dalam distribusinya.

    Baca juga: TV Analog Mati, Berapa Harga Set Top Box di E-commerce?

    Johnny G Plate selaku Menteri Komunikasi dan Informatika menghimbau adanya koordinasi yang baik agar apabila ada masalah di lapangan bisa segera diatasi, termasuk memperhatikan distribusi setup box.

    Ia juga menghimbau pihak-pihak terlibat untuk memonitor dari waktu ke waktu penerapan ASO ini agar ASO Tahap 1 bisa menjadi contoh yang baik bagi ASO-ASO di tahap selanjutnya.

    Kominfo juga memberikan pusat layanan panggilan di nomor 159 untuk pengguna TV Analog dan Digital yang mengalami kendala ataupun gangguan, selain itu Kominfo juga menyediakan chatbot di platform WhatsApp dengan nomor 08118202208 untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar TV Analog dan TV Digital.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini