icon-category Digilife

TV Analog Mati, Berapa Harga Set Top Box di E-commerce?

  • 30 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Unsplash

    Uzone.id – Perhatian bagi anak-anak muda yang mungkin masih menggunakan televisi siaran analog di kamar, pemerintah resmi mematikan siaran analog ini dan melakukan migrasi ke TV digital per hari ini, 30 April 2022.

    Tentu ganti TV baru yang lebih pintar alias smart TV menjadi opsi menggiurkan, namun apabila THR kalian sudah terlanjur masuk ke tabungan, perangkat set top box (STB) juga bisa menjadi cara lain untuk menangkap siaran digital, lho.

    Bahkan, perangkat STB banyak dijual di platform e-commerce Indonesia. Pilihannya beragam dengan harga yang variatif.

    Uzone memantau di sejumlah e-commerce populer, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Saat mengecek terlebih dahulu di platform iprice.co.id dan mencari “set top box”, pencarian yang keluar memang beragam dari e-commerce populer ini.

    Baca juga: Migrasi ke TV Digital, Set Top Box Bakal Langka Seperti Minyak?

    Saat dicek satu per satu, di Tokopedia harga STB-nya cukup bersaing, mayoritas diberi harga Rp160 ribuan sampai Rp280 ribuan dengan brand yang juga beragam seperti Evercoss, Polytron, Matrix, dan Akari.

    Screenshot: Uzone.id

    Tempat para penjual pun memang banyak yang berbasis di Jakarta, namun ada juga di Bekasi, Bandung, Depok, Banyumas, dan lain-lain.

    Kemudian beralih ke Shopee. E-commerce jingga ini juga menyuguhkan ragam perangkat STB dari para seller yang rata-rata dibanderol Rp100 ribuan.

    Uniknya, ada penjual asal Sidoarjo yang nekat menjual STB seharga Rp35 ribu saja dan sudah laku lebih dari 900 unit terjual.

    Screenshot: Uzone.id

    Komentar dari para pembeli pun mengaku kalau produk yang dijualnya ini berfungsi dengan normal, bisa mengakses berbagai macam channel TV, dan dapat disambungkan ke WiFi dengan bantuan dongle.

    Di Bukalapak juga pilihan harganya cukup bervariasi, dari Rp50 ribuan sampai Rp200 ribuan juga ada.

    Screenshot: Uzone.id

    Kemudian beralih ke Lazada. E-commerce ini menyuguhkan harga STB yang begitu beragam, ada yang standar di kisaran Rp150 ribuan, Rp200 ribuan, bahkan ada yang Rp93 ribu dan mencapai Rp700 ribuan.

    Screenshot: Uzone.id

    Sementara di platform Blibli, harga STB di sana cenderung mirip, yakni di kisaran Rp170 ribu dan Rp180 ribuan.

    Screenshot: Uzone.id

    Tentu perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum kita membeli STB yang diinginkan, apalagi melalui pembelian online. Perlu mengecek lagi soal spesifikasi, kemampuan, kompatibilitas, dan juga review dari pembeli lain.

    Baca juga: Detail Tahap I Pemadaman TV Analog, Daerah Kamu Kapan?

    Pemerintah sendiri mengaku akan memberikan subsidi perangkat STB gratis bagi masyarakat tidak mampu, bersama dengan pihak swasta juga.

    Berdasarkan data terakhir dari Kementerian Sosial, di Indonesia memiliki 6,7 juta kepala keluarga yang tergolong tidak mampu. Setidaknya angka tersebut yang akan diberikan subsidi STB gratis ini.

    STB sendiri adalah alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog biasa.

    Analog Switch Off (ASO) atau migrasi siaran analog ke digital ini telah memasuki Tahap 1 yang diberlakukan di tiga wilayah siaran yang terdapat di tiga provinsi dan 8 kabupaten.

    Pertama, Provinsi Riau termasuk Kabupaten Dumai dan Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten meranti yang masuk Wilayah Siaran Riau 4.

    Kedua, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) termasuk Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Malaka, yang masuk Siaran NTT.

    Ketiga, Provinsi Papua Barat termasuk Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, yang masuk Siaran Papua Barat.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini