icon-category Gadget

Asus TUF Gaming A15 Ditenagai AMD Ryzen 6800H dan RTX 30 Series, Harganya?

Uzone.id - Asus TUF Gaming A15 memanglah laptop gaming murah kelas entry-level di Indonesia. Kendati begitu, Asus tetap menyertakan spesifikasi monster pada TUF Gaming A15, seperti prosesor AMD Ryzen 6000 terbaru hingga teknologi bernama MUX Switch.

Asus TUF Gaming A15 ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 6800H yang membuatnya tak cuma powerful, tapi juga lebih efisien dalam hal konsumsi daya. Prosesor ini terdiri dari 8-core/16-thread dengan 20MB cache dan menyuguhkan power pada mode max boost hingga 4,7 GHz.

Untuk menunjang aktivitas gaming pengguna, TUF Gaming A15 generasi terbaru dibekali dengan kartu grafis discrete Nvidia GeForce RTX 30 Series. Ada tiga varian GPU yang dapat dipilih, tentunya menyesuaikan kebutuhan dengan bujet pengguna, yakni RTX 3050, RTX 3050 Ti, dan RTX 3060 untuk model tertingginya.

Agar pengalaman gaming makin mantap, Asus turut menyertakan teknologi baru bernama MUX Switch. Teknologi ini berupa chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan oleh layar TUF Gaming A15 yang berukuran 15,6 inci dengan dukungan refresh rate 144Hz.

Baca juga: Asus ExpertBook B3 Flip Layak jadi Pilihan?

Melalui MUX Switch, jalur data visual dari kartu grafis discrete bisa dialihkan langsung ke layar laptop tanpa harus melalui prosesor dan GPU terintegrasinya. Karena data visual dapat ditampilkan langsung dari GPU discrete, performa game pun dapat ditampilkan secara lebih baik dengan peningkatan mencapai 10-30%.

Supaya spesifikasi gahar Asus TUF Gaming A15 tetap terkendali, sistem pendinginan laptop ini ditingkatkan kemampuannya. Asus sekarang menyematkan dua kipas Arc Flow yang memiliki 84 bilah kipas.

Setiap bilah kipas memiliki ketebalan hanya 0,1mm di bagian ujungnya. Desain tersebut dapat mengurangi turbulensi sehingga aliran udara menjadi lebih lancar tanpa harus membuat kipas berputar lebih kencang.

“Berkat inovasi tersebut, sistem pendinginan TUF Gaming A15 terbaru dapat tampil lebih senyap namun mampu mengalirkan udara hingga 13% lebih baik dari generasi sebelumnya,” klaim Asus.

Spesifikasi lainnya, Asus TUF Gaming A15 yang beredar di Indonesia dibekali dengan memori penyimpanan berjenis PCIe SSD berkapasitas besar, RAM berjenis DDR5 dual-channel yang dapat ditambah hingga 32 GB, port lengkap termasuk USB 3.2 Gen 1 Type-C yang mendukung DisplayPort atau G-Sync, hingga fitur AI noise-cancelling dan dua speaker Dolby Atmos untuk memaksimalkan pengalaman audio pengguna.

Baca juga: Spek AMD Ryzen 6000 Series, Lawan Seimbang Intel Core 12th Gen

“Seri laptop gaming ini juga tampil dengan desain yang terinspirasi dari mecha anime serta tetap tampil tangguh dan telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS MIL-STD 801H,” jelas Asus.

Lalu berapa harganya? Asus TUF Gaming A15 di Indonesia dibanderol dengan harga mulai dari Rp17,7 jutaan untuk model dengan kartu grafis RTX 3050, Rp19,2 jutaan untuk varian dengan GPU RTX 3050 Ti, dan Rp24,4 jutaan untuk versi tertinggi RTX 3060.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini