icon-category Gadget

Asus Zenfone 9 Bakal Masuk Indonesia, Harga Mulai Rp12 Jutaan

Uzone.id - Asus Zenfone 9 resmi diluncurkan secara global. Smartphone ini dibanderol dengan harga mulai 799 euro atau setara Rp12,1 jutaan, Asus Zenfone 9 pun dipastikan bakal masuk ke Indonesia.

Asus memastikan suksesor Zenfone 8 akan beredar di beberapa negara. Eropa, Hong Kong dan Taiwan jadi market pertama yang disambangi oleh ponsel flagship mungil ini.

Setelah itu, Asus Zenfone 9 akan beredar di Amerika Utara, Jepang, Indonesia dan beberapa negara di Amerika Selatan. Kendati begitu, belum diketahui kapan pastinya smartphone ini akan diperkenalkan.

Lewat pantauan kami di situs TKDN Kementerian Perindustrian, belum ada Asus Zenfone 9 yang lolos sertifikasi ini. Terakhir, hanya Asus Zenfone 8 saja yang diajukan oleh Asus Indonesia.

Adapun dalam paket pembelian, konsumen Asus Zenfone 9 tetap mendapatkan paket lengkap. Ada adaptor charger 30W HyperCharge dan kabelnya, bumper case, SIM ejector, dan buku panduan dan garansi. Sementara dusnya menggunakan bahan daur ulang yang ramah lingkungan.

Baca juga: Adu Kuat Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 1

Spesifikasi Asus Zenfone 9

Asus Zenfone 9 jadi smartphone flagship paling mungil lantaran prosesornya menggunakan Snapdragon 8+ Gen 1. Dimensinya 146,6 x 68,2 x 9,5mm dengan berat mencapai 165 gram saja.

Agar tak panas seperti Asus Zenfone 8, Asus kini menggunakan vapor chamber berukuran besar. Sistem pendingin ini menjamin performa ponsel tetap stabil dengan hawa yang tak naik signifikan alias overheat.

Terdapat tiga varian RAM dan memori penyimpanan, yakni 8/128 GB, 8/256 GB dan 16/256 GB. Adapun untuk RAM-nya berjenis LPDDR5 dengan memori penyimpanan bertipe UFS 3.1.

Asus Zenfone 9 sudah berjalan di sistem operasi Android 12. Asus menjanjikan dua tahun update keamanan rutin dan dua kali update ke OS terbaru untuk ponsel terbarunya.

Asus Zenfone 9 mengusung layar OLED dari Samsung berukuran 5,9 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya punya refresh rate 120Hz dan mendukung HDR 10+, lengkap dengan intensitas cahaya hingga 1.100 nits, cakupan warna yang luas dan berkualitas, serta telah dilapisi oleh Gorilla Glass Victus.

Baca juga: Tes Benchmark Snapdragon 8+ Gen 1 di AnTuTu, Tembus Sejuta!

Di bagian sudut kiri atas layarnya, tersimpan lubang kamera yang menjadi tempat bagi kamera selfie 12MP. Kamera ini bikin penggemar swafoto makin suka, karena didukung oleh fitur autofokus dan dual PDAF.

Di belakang, Asus Zenfone 9 terbuat dari bahan polimer yang dipadukan dengan bingkai yang berbahan dasar aluminium. Smartphone ini sudah mengantongi rating IP68 tahan air dan debu, sehingga para kreator konten bisa merekam kegiatan mereka bahkan di dalam air.

Terkait dengan perekaman, terdapat dua kamera yang terdiri dari kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX766 dan kamera ultra wide 12MP. Khusus kamera utama, didukung oleh sistem penstabil gambar berbasis gimbal yang diklaim lebih baik dari OIS (optical iamge stabilization).

Asus Zenfone 9 ditopang oleh baterai dengan kapasitas 4.300 mAh, lebih besar 300 mAh ketimbang Zenfone 8. Fast charging 30W yang dapat mengisi baterai dalam waktu singkat. Well, kita nantikan saja kehadirannya di Indonesia ya!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini