icon-category Gadget

Tes Benchmark Snapdragon 8+ Gen 1 di AnTuTu, Tembus Sejuta!

Realme GT 2 Explorer Master Edition (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Snapdragon 8+ Gen 1 jadi salah satu prosesor mobile terkencang saat ini. Pertanyaannya, seberapa kencang performa dari prosesor terbaru Qualcomm tersebut? Tim Uzone.id telah melakukan benchmark ponsel dengan Snapdragon 8+ Gen 1 menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark dan berikut hasilnya.

Snapdragon 8+ Gen 1 merupakan prosesor terbaru yang dirancang dengan fabrikasi 4nm TSMC. Diklaim, prosesor ini lebih adem, kencang dan hemat daya ketimbang Snapdragon 8 Gen 1 yang dibuat dengan arsitektur 4nm Samsung.

Prosesor ini terdiri dari tiga kluster dengan core utama memiliki kecepatan 3,2 GHz yang lebih cepat ketimbang Snapdragon 8 Gen 1 berkecepatan 3 GHz. Malah, dua kluster lainnya juga lebih cepat dari seri sebelumnya.

Dengan spesifikasi yang lebih mantap, wajar kalau Qualcomm menjanjikan kinerja CPU dan GPU 10% makin kencang dan AI engine 15% lebih pintar. Berkat arsitektur 4nm TSMC, Snapdragon 8+ Gen 1 juga 15 persen lebih hemat daya.

Saat ini, ada beberapa smartphone Android yang telah ditenagai prosesor Snapdragon 8+ Gen 1, seperti Xiaomi 12S Series, Asus ROG Phone 6 Series, hingga Realme GT 2 Explorer Master Edition.

Kami berkesempatan untuk mencoba salah satu smartphone dengan Snapdragon 8+ Gen 1, yakni Realme GT 2 Explorer Master Edition sekaligus mengujinya menggunakan AnTuTu Benchmark. 

Baca juga: Adu Kuat Prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 vs Snapdragon 8 Gen 1

Sebelum tes kebolehannya, kami mengaktifkan fitur GT Mode. Fitur ini memaksimalkan performa CPU dan GPU ponsel, termasuk memaksimalkan refresh rate layar ke tingkat tertinggi.

Dari pengujian, skor benchmark Realme GT 2 Explorer Master Edition dengan Snapdragon 8+ Gen 1 mencatatkan skor 1.040.312 poin. 

Sungguh tinggi nilai yang diraih smartphone terbaru Realme itu, bahkan melampaui skor dari ponsel dengan Snapdragon 8 Gen 1 yang pernah kami review dengan skor 970 ribuan poin saja.

Saking tingginya, skor benchmark yang kami peroleh berada di urutan kedua di jajaran smartphone terkencang versi AnTuTu Benchmark, tepat di bawah Nubia Red Magic 7 dan berada di bawah Vivo X80 terbaru.

Fitur Snapdragon 8+ Gen 1

Selain kencang, Snapdragon 8+ Gen 1 juga lebih pintar dan mampu memenuhi berbagai kebutuhan pengguna smartphone sehari-hari. Soal kecepatan jaringan, terdapat modem Snapdragon X65 yang didukung teknologi FastConnect. 

Baca juga: Spesifikasi Snapdragon 8+ Gen 1

Teorinya sih, kecepatan unduhnya mencapai 10 Gbps dan WiFi hingga 3,6 Ghz. Masih tentang konektivitas, dilengkapi juga dengan chip Bluetooth 5.3 yang mendukung aptX Lossless dan Bluetooth LE Audio untuk memaksimalkan kualitas audio ketika dipasangkan dengan earphone TWS dan perangkat sejenis.

Terkait kamera, ISP Spectra di prosesor ini juga sudah baru. FIturnya 18-bit yang mampu menopang sensor kamera 200MP, perekaman video 8K pada 30 FPS atau 4K di 120 FPS, mendukung HDR10+, terintegrasi langsung dengan bokeh engine, dan mampu merekam video pada format Dolby Vision.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini