home ×
Auto

Aturan New Normal Saat Isi BBM di SPBU

08 June 2020 By
Aturan New Normal Saat Isi BBM di SPBU
Share
Share
Share

Uzone.id - Gaya hidup new normal dipastikan bakal merambah banyak hal, salah satunya cara baru ketika kalian harus ke SPBU untuk mengisi BBM, baik itu mobil maupun motor.

Pertamina pun sudah menyiapkan protokol keamanan saat pengisian BBM di SPBU. Ada beberapa aturan khusus yang harus ditaai para pemilik kendaraan yang mengisi BBM di SPBU Pertamina.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, protokol new normal tersebut berlaku di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, dan merupakan penyempurnaan dari protokol kesehatan COVID-19 yang sudah dijalankan sebelumnya.

Baca juga: Dua Versi Toyota Fortuner Terbaru

"Protokol New Normal ini berlaku untuk pekerja, pelanggan, pemasok maupun mitra selama operasional di SPBU, termasuk SOP New Normal pengisian BBM," kata Fajriyah Usman dalam keterangan tertulisnya.

Aturan isi bensin di SPBU akan menerapkan pelayanan sesuai prinsip physical distancing dan berlaku untuk pengendara sepeda motor dan mobil.

Pengendara motor wajib turun dari motor dan berdiri di samping motornya, yang berseberangan dengan posisi operator. Aturan ini sebenernya sudah berjalan jauh sebelum ada pandemi corona, hanya gak konsisten diterapkan disemua SPBU Pertamina.

Kemudian pengemudi mobil, direkomendasikan tetap berada di dalam kabin saat mengisi BBM. Jika diperlukan untuk keluar, wajib berdiri di sisi mobil sambil menjaga jarak aman, minimal 1 meter dengan petugas SPBU.

"Setiap pelanggan, baik motor dan mobil, juga dianjurkan untuk tetap menggunakan masker sesuai dengan ketentuan Pemerintah," ujarnya.

Pertamina akan menerapkan pembayaran cashless, lewat aplikasi MyPertamina. Kalaupun transaksi tunai, dianjurkan menggunakan uang pas sesuai nilai transaksi, dan petugas SPBU maupun pelanggan harus tetap menjaga jarak minimal 1 meter, atau sesuai dengan tanda yang akan disiapkan.

Seluruh protokol tersebut akan terus disosialisasikan secara masif, ke lebih dari 7.000 SPBU Pertamina yang tersebar di seluruh Indonesia.

Protokol juga diterapkan kepada petugas SPBU, seperti kewajiban penggunaan masker, sarung tangan, dan pengecekan suhu badan. Pembersihan dan penyemprotan desinfektan secara rutin turut dilakukan, mulai dari dispenser BBM hingga fasilitas toilet dan mushola yang ada di SPBU.

"Kami juga memberikan tambahan vitamin kepada petugas SPBU Pertamina, untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatannya,” tutupnya.

VIDEO Yamaha XSR Review, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id